Selamat Datang di X3-PRIMA, Melayani Setulus Hati, Memberikan yang terbaik

3.5.12

Rhizopus


Rhizopus oligosporus
            Rhizopus oligosporus dikenal sebagai kapang tempe karena biasa digunakan pada fermentasi kedelai menjadi tempe. Rhizopus oligosporus banyak ditemukan di alam bebas seperti di tanah, buah-buahan, dan pada semua bahan yang busuk (Shurtleff dan Aoyagi, 1979). Rhizopus oligosporus tumbuh cepat pada suhu 30 – 40 ºC tetapi dapat tumbuh baik pada kondisi aerob dengan suhu 30 - 37º C, kelembaban relatif atau RH 65 – 85%, pH berkisar 3,4 – 6 dan pH optimum 4,5 – 5,5, serta menghasilkan enzim protease, lipase, dan amilase. Rhizopus oligosporus membentuk koloni berwarna abu-abu kecoklatan yang pucat. Suhu pertumbuhan minimum adalah 12º C, optimum 30 - 35º C dan suhu maksimum 42º C. Rhizopus oligosporus tidak dapat menfermentasi sukrosa tetapi mempunyai aktivitas proteolitik dan lipolitik yang tinggi sehingga dapat memecah protein dan lemak, tetapi aktivitas amilolitiknya rendah, serta mampu memproduksi antioksidan.
            Selama proses fermentasi protein dan karbohidrat oleh Rhizopus oligosporus diubah menjadi bagian-bagian yang mudah larut, mudah dicerna, dan bau langunya hilang.
Rhizopus oryzae
            Rhizopus oryzae pertama kali diisolasi oleh Went dan Prisen Geerligs pada tahun 1985. Rhizopus oryzae mempunyai hifa yang panjang dan membentuk miselium yang lebih panjang dan kompak dari Rhizopus oligosporus. Koloninya berwarna putih yang akan berubah menjadi abu – abu kecoklatan dengan meningkatnya umur kultur. Suhu pertumbuhan minimum pada 5 – 7 ºC, optimum 35 ºC dan maksimum pada 44 – 49 ºC.
            Diantara kapang tempe lain, Rhizopus oryzae menunjukkan aktivitas amilase terkuat sehingga  dapat digunakan  dalam  suatu proses  yang disebut amylo process  yang mengubah pati  menjadi gula  dan  dalam kondisi  yang sesuai  akan memproduksi sejumlah kecil alkohol. Rhizopus oryzae  juga menghasilkan    protease terbanyak kedua   setelah   Rhizopus oligosporus (Shurleft dan Aoyagi, 1979).