Selamat Datang di X3-PRIMA, Melayani Setulus Hati, Memberikan yang terbaik

13.1.10

Strowbery

Prosedur pembuatan marmalade stroberi terdiri dari beberapa tahap, yaitu sebagai berikut:

(1) Sortasi

Sortasi adalah proses untuk memeriksa bahan baku yang berasal dari supermarket apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Sortasi yang dilakukan dengan cara manual dalam baskom plastik. Kemudian dilihat, apabila ada yang rusak atau ada kotoran maka kotoran atau stroberi yang rusak tersebut dibuang.

(2) Trimming

Trimming dilakukan untuk memisahkan bagian-bagian yang tidak diperlukan dalam proses. Trimming pada buah stroberi diantaranya tangkai dan kelopak buah.

(3) Pencucian

Pencucian dilakukan untuk membersihkan bahan baku dari kotoran-kotoran yang melekat seperti tanah, pasir atau kotoran-kotoran yang ikut tercampur dengan stroberi. Pencucian dilakukan dengan menggunakan wadah kemudian ditambahkan air, kemudian dibilas.

(4) Penghancuran

Alat yang digunakan dalam penghancuran ini adalah food proccessor. Stroberi yang telah disortasi dan dibersihkan kemudian dimasukan kedalam food proccessor. Penghancuran dilakukan sampai semua stroberi homogen.

(5) Pencampuran

Proses pencampuran ini dilakukan dengan penambahan gula pasir sebanyak 30% dan pektin sebanyak 0,75%.

(6) Pemasakan

Proses pemasakan dilakukan pada suhu 105˚C dengan penambahan potongan buah stroberi, selama proses pemasakan harus diaduk perlahan-lahan sampai mencapai kekentalan yang diinginkan dengan kadar gula 65-68%.

(7) Pengisian kedalam wadah

Pengisian kedalam wadah ini dilakukan secara manual dengan cara menuangkan marmalade stroberi kedalam botol (gelas). Pengisian kedalam wadah dimaksudkan untuk memudahkan dalam proses penyimpanan.