Selamat Datang di X3-PRIMA, Melayani Setulus Hati, Memberikan yang terbaik

20.12.09

IPA

  • Sistem pencernaan makanan terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan terdiri atas mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus halus(duodenum,jejunum,dan ileum), usus basar (kolon dan rektum), dan anus. Pergerakan makanan di kerongkongan dan sisa makanan di usus besar terjadi karena adanya gerak peristaltik. Kelenjar pencernaan tardiri atas kelenjar ludah, kelenjar getah lambung, hati, pankreas, dan kelenjar usus halus.

  • Makanan yang diperlukan tubuh manusia dapat dibedekan menjadi 2 macam, yakni makronutrien(karbohidrat, protein, dan lemak) dan mikronutrien(vitamin dan mineral). Selain itu, yaitu air dan serat makanan.

  • Agar makanan yang masuk ke tubuh manusia dapat mendatangkan manfaat secara optimal, makanan harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain bergizi(4sahat5sempurna), cukup mengandung kalori, mudah dicerna, serta higienis(bersih) dan bebas dari racun.

  • Fungsi makanan adalah sebegai penghasil energi; memelihara dan menggantikan sel-sel yang rusak/ sudah tua; pertahanan tubuh terhadap macam-macam penyakit;mengatur proses-proses tubuh, misalnya proses menjaga keseimbangan cairan tubuh.

  • Bayi yang sistem pencernaannya belum sempurna membutuhkan makanan yang paling baik, misalnya ASI. ASI memiliki kelebihan, antara lain mengandung semua zat makanan yang penting bagi bayi; kandungan makanannay sesuai dengan kebutuhan bayi; mengandung berbagia zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi; suhunya ideal(tidak tarlalu panas dan tidak terlalu dingin); selalu tersedia dalam bentuk segar dan bebas dari kuman; secara psikologis proses menyusui mempererat hubungan batin dan emosi ibu dan bayi.

  • Pencernaan makanan dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi. Pencernaan secara mekanik dilakukan oleh gigi pada waktu makanan dikunyah di dalam mulut. Pencernaan secara kimiawi dilakukan oleh enzim-enzim pencernaan yang dilakukan oleh kelenjar pencernaan.

  • Proses pencernaan dari mulut pada waktu makan dikunyah sampai ke anus pada waktu sisa-sisa makanan dibuang melalui proses defekasi berlangsung antara 12 sampai 24 jam.


  • Pernafasan adalah oksidasi sari-sari makanan di dalam sel-sel tubuh untuk menghasilkan energi.

  • Alat-alat pernafasan pada manusia terdiri atas hidung, pangkal tenggorokan(laring), tenggorokan(trakea), cabang tenggorokan(bronkus, jamak: bronkia), cabang bronkus(bronkiolus, jamak: bronkioli), dan gelembung paru-paru(alveolus, jamak: alveoli). Bronkia, bronkioli, dan alveoli bentuk paru-paru(pulmo). Manusia nenpunyai 2 buah paru-paru, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru paru kanan terdiri dari 3 gelambir(lobus), paru-paru kiri terdiri dari 2 gelambir.

  • Ada 2 fase pada proses pernafasan, yaitu fase inspirasi dan fase ekspirasi. Fase inspirasi dan eksperasi berlangsung 15 sampai 18 kali setiap menit selama manusia hidup. Frekuensi pernafasan bergantung pada beberapa faktor antara lain jenis kegiatan, jenis kelamin, umur, suhu, tubuh, posisi tubuh, dan emosi.