Selamat Datang di X3-PRIMA, Melayani Setulus Hati, Memberikan yang terbaik

22.9.09

PEMBUATAN NATA de SOYA

PEMBUATAN NATA de SOYA

Nata de soya merupakan produk fermentasi yang dibuat dari limbah tahu cair dengan penambahan bakteri Acetobacter xylinum. Nata de soya mengandung serat kasar dan biasa digunakan untuk minuman atau bahkan untuk diolah menjadi lauk/sayur. Nata de soya sebenarnya merupakan salah satu usaha untuk memenfaatkan limbah tahu cair yang selama ini limbah cair tersebut merupakan kendala/ masalah yang timbul di pengrajin tahu, khususnya di daerah pemukiman, khususnya di kota Yogyakarta (kelurahan Gedongkiwo), karena menimbulkan bau yang tidak sedap.

Bahan yang digunakan :

  1. Limbah tahu cair umur 1 hari
  2. Gula pasir 5% (dr vol limbah tahu)
  3. ZA 0,1 % (dr vol limbah tahu)
  4. Starter bakteri (Acetobacter xylinum)

Peralatan yang digunakan :

- Panci email - Saringan

- Pengaduk kayu - Kompor

- Nampan plastik - Ember plastik

- Jerigen plastik - Botol kaca

- Baskom plastik - Pisau

- Kertas plano - Elastik

- Meja utk inokulasi - Meja inkubasi

- Timbangan - Talenan

- Kemasan - Sealer

Pembuatan Starter :

· Botol-botol dicuci bersih kemudian direbus selama 30 menit dan ditutup rapat dengan kertas serta diikat dengan karet.

· Limbah tahu cair sebayak 5 l disaring, kemudian direbus sambil ditambahkan gula pasir 400 g dan ZA 5 g.

· Selanjutnya limbah tahu yang telah direbus dalam keadaan panas dimasukkan ke dalam botol-botol yang telah bersih sebanyak 500 ml dan ditutup rapat dengan kertas plano, kemudian didinginkan.

· Setelah dingin limbah tahu dalam botol tersebut diinokulasi dengan bakteri Acetobacter xylinum dan diinkubasikan selama 10-14 hari, dan siap digunakan untuk inokulasi pada pembuatan Nata de soya.

Pembuatan Nata de soya :

· Menyiapkan nampan plastik dicuci bersih dan dibilas dengan air mendidih, kemudian ditutup dengan kertas plano dan diikat menggunakan elsatik.

· Limbah tahu cair yang telah disaring sebanyak 10 liter direbus dengan ditambahkan gula pasir 800 g dan ZA 10 g, limbah tahu yang telah masak dituang ke dalam nampan plastik yang ditutup kertas plano tadi sebanyak 1 liter dan ditutup kembali dan didinginkan 4 jam atau sampai satu malam.

· Apabila telah dingin atau pagi harinya, diinokulasi dengan starter yang telah dipersiapkan dalam botol (1 botol untuk 5 nampan plastik). Selanjutnya diinkubasikan selama 14 hari

· Setelah inkubasi, nata de soya dipanen dari nampan-nampan plastik kemudian dicuci bersih dan diiris-iris bentuk dadu, atau seperti panjang (seperti cendol) dan direbus 3 – 4 kali (setelah mendidih dicuci lalu direbus lagi dst.), sampai tidak terasa asam.

Pengemasan Nata de soya :

· Membuat sirup yang dipergunakan untuk media nata de soya dalam gelas plastik. Caranya : gula pasir 1 kg ditambah air 9 liter dan ditambahkan essence dan pewarna makanan sesuai selera serta penambahan natrium benzoat sebanyak 0,1% dari volume air.

· Nata de soya yang telah direbus, dimasukkan ke dalam gelas plastik dan diberi sirup (dalam keadaan panas) sesuai selera kemudian ditutup plastik dan disealer, lalu diletakkan di air dingin kemudian diberi label. Dan siap dikonsumsi/dipasarkan.