Selamat Datang di X3-PRIMA, Melayani Setulus Hati, Memberikan yang terbaik

22.9.09

MIRC

BAB I

PENDAHULUAN

Chatting

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan berbagai cara dan berbagai alat. Misalnya saja komputer. Komputer dapat digunakan sebagai sarana komunikasi jarak jauh, bahkan bisa antar negara dan antar benua. Salah satu caranya adalah dengan “Chatting”. Chatting dapat dilakukan apabila komputer sudah terhubung dengan internet dan pada komputer tersebut sudah terinstal software/program untuk chatting. Singkatnya, definisi chatting adalah suatu fasilitas dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang on-line. Komunikasi dapat berupa teks atau suara (chatting voice).

IRC (Internet Relay Chat) atau sering disebut dengan chat atau chatting adalah salah satu layanan (feature) dalam internet yang berfungsi sebagai forum diskusi online para pengguna internet dengan menggunakan tulisan sebagai alat untuk berdiskusi. IRC ini menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia, IRC terdiri dari bermacam-macam jaringan server IRC (mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC). Para pengguna memiliki suatu program (yang disebut ‘client’) untuk menghubungkan mereka dengan suatu server dari salah satu jaringan IRC tersebut. Server-server ini yang akan mengirimkan informasi dari satu server ke server yang lain dalam jaringan yang sama.

Banyak sekali Program aplikasi internet yang mendukung Chatting antara lain: mIRC, Yahoo Messagers, MSN, AIM, ICQ, TurboIRC, jabber, GTalk dan sebagainya. Ada juga situs web yang menyediakan layanan chatting dengan menggunakan fasilitas browser yaitu meebo (http://www.meebo.com).

Salah satu program yang digemari untuk chatting adalah dengan “IRC” . Selain itu ada juga MSN Messenger, Yahoo Messenger, ICQ (I Seek you), American On-Line (AOL) dan bahkan saat ini beberapa website memberikan fasilitas langsung untuk para pengunjung yang telah mendaftar sebelumnya untuk chatting.

Umumnya orang akan memilih program chatting yang paling banyak digemari dan mudah menjalankannya. Sekarang, mari kita lihat cara menjalankan beberapa program untuk chatting dan kelebihannya.

mIRC

· Jalankan program mIRC

· Setting nickname kamu, email, dan lain-lainnya. Untuk nickname akan lebih baik bila permanen dan telah di register agar tidak diserobot orang atau dikenali sebagai guest oleh server.

· Pilih server yang diinginkan. Bisa DalNet untuk Internasional dan lokal sedangkan khusus lokal bisa telkom, wasantara, indonet atau lainnya.

· Klik tombol connect to IRC server bila sudah selesai, atau bisa juga menekan tombol berwarna petir kuning. Bila sudah terkoneksi tanda petir akan berubah menjadi dua.

· Pilih channel yang kamu inginkan, jika tidak ada dalam list ketik saja nama channelnya, misalnya #jakarta, #indonesia, lalu klik join atau tekan enter.

· Kamu akan masuk list chatter. Nama paling atas yang biasanya disertai dengan tanda @ merupakan operator yang berhak mengeluarkan kamu bila anda melanggar peraturan channel.

· Bila bicara, tulis pesan pada jendela IRC bagian bawah, lalu tekan enter. Bila ingin percakapan pribadi dengan chatter lain, klik saja dua kali nickname yang ada dalam daftar list.

ICQ

· Jalankan program ICQ

· Pilih new user bila kamu belum pernah mendaftar sebelumnya. Masukkan nomor register saat ditanya dan masukkan password kamu.

· Setelah proses selesai kamu harus login kembali.

· Untuk memiliki daftar teman, silakan pilih berbagai macam fasilitas yang disediakan di add/invite user, di bawah kotak ICQ. Jika telah punya nomor ICQ beberapa teman, langsung masukkan nomornya, namun jika kamu ingin teman baru maka cobalah—> Whitepages.

· Kamu juga dapat mengorganisir ICQ kamu dengan fasilitas yang lengkap, mulai dari SMS, channel, security dll.

Yahoo!Messenger

· Jalankan program Yahoo Messenger

· Silakan login dan masukkan password yang biasa kamu pakai di e-mail yahoo, Karenanya Kamu harus punya e-mail di yahoo.com

· Cari daftar teman dengan klik—> add, lalu ketikkan user id teman atau kerabat, tentu saja sesama pemakai yahoo.

· Untuk menulis pesan pada teman kamu yang sedang on-line klik dua kali pada nick namenya.

· Kamu dapat memperlihatkan status kamu, jika on-line berwarna kuning, bahkan kamu dapat menggantinya sesuai dengan bahasa gaul dan kondisi kamu dengan mengklik —>status—>pilih NewStatus—>tulis yang kamu inginkan.

NickName

NickName merupakan nama yang akan muncul dikotak status kamu. NickName bisa nama kamu

sebenarnya atau bisa juga menggunakan nama samaran. Untuk lebih baiknya kamu menggunakan NickName yang sama setiap kali chatting sehingga teman-teman kamu akan lebih mudah mengenali kamu.

Register

NickName kamu akan aman bila kamu telah me-register-kan pada server. Dengan diregister, nama NickName kamu tidak akan bisa dipakai oleh orang lain. Masing-masing server mempunyai cara sendiri-sendiri, sebagai contoh sebagai berikut :

Bila memakai telkom : Ketikkan pada jendela status, /msg NickServ register . Setelah semua pesan keluar maka ketikkan lagi di jendela status, /msg NickServ identify untuk mengidentifikasi bahwa NickName itu memang milik kamu. prosedur kedua harus selalu kamu ketikkan sewaktu chatting.

Bila memakai DalNet : Pada jendela status ketikkan /msg NickServ@services.dal.net register . Tunggu beberapa saat sampai keluar semua peraturan dan kamu dinyatakan diterima. Setelah itu bukalah e-mail kamu dan ambillah nomor veryfikasi dari DalNet (dicopy) dan paste-kan di jendela status kamu. apabila prosedur ini tidak kamu penuhi maka NickName kamu akan dihapus. Untuk selanjutnya bila kamu chatting cukup ketikkan di jendela status /msg NickServ@Services.dal.net identify

Server

Banyak server yang bisa digunakan, kamu tidak perlu bingung karena semuanya hampir sama bagusnya hanya saja beda penampilan. Akan tetapi juga perlu dicatat bahwa antar server tidak bisa berhubungan. contohnya bila kamu memakai DalNet dan teman kamu memakai telkom maka kamu tidak akan pernah ketemu. Server-server yang terkenal di Indonesia antara lain : DalNet (banyak macamnya), telkom.net, irc.plasa.com, indonet, wasantara, interaksi, dll.

Channel

· Merupakan tempat kamu bisa menemukan teman untuk diajak ngobrol, misalnya di #bandung, #indonesia, #jakarta dll. Kamu bisa membuat channel sendiri apabila kamu menginginkannya, caranyapun mudah.

· Ketikkan pada jendela status nama channel yang akan kamu buat. Misal #gaul

· Periksa apakah nama tersebut sudah dimiliki orang lain atau belum. pada jendela irc ketik: /msg chanserv info#gaul

· Jika belum, ketik: /join #gaul. dan kamu sudah masuk channel #gaul.

· Periksa sekali lagi apakah channel tersebut sudah diregritrasi orang lain atau belum. lihat ada/tidak nya sets dari server terhadap channel tersebut. jika tidak ada maka channel itu belum dimiliki orang lain.

· Daftarkan channel, ketik: /msg ChanServ register #gaul , ganti password misalnya i love u

· Jika berhasil beritahu server bahwa kamu adalah founder pembuat channel tersebut dengan ketik: /msg ChanServ identify #gaul (password) .


BAB II

PEMBAHASAN

Chatting Menggunakan mIRC

mIRC adalah sebuah program klien IRC yang digunakan untuk chatting yang di buat oleh Khaled Mardam-Bey.

Langkah-langkah menggunakan mIRC

1. Klik tombol Start ! Program ! mIRC ! mIRC atau klik dua kali icon mIRC yang ada di Dekstop computer, maka akan keluar tampilan seperti gambar 4.2

2. Klik tombol add untuk menambahkan irc server yang akan kita pakai dalam chatting sehingga muncul tampilan seperti pada gambar 4.3

Keterangan :

- Description : inisialisai atau pemberian nama server misal : umm, telkom, plasa dll.

- IRC Server : Alamat IRC server, missal : irc.umm.ac.id, irc.telkom.net.id, irc.plasa.com dll.

- Ports : port yang digunakan oleh server IRC

Jika sudah berhasil menambahkan server selanjutnya isi form yang terdapat pada mIRC Option (lihat gambar 4.2).

- Full Name : isi nama lengkap anda, misalnya :Taufikurrahman

- Email Address : isi email anda, misalnya : taufiq@umm.ac.id

- Nickname : isi nama panggilan, misalnya pinokio

- Alternative : isi alternatif Nick anda ( digunakan jika Nickname anda sudah dipakai oleh orang lain, Alternatifname harus berbeda dengan Nick), misalnya : P1n0k1o

3. Kemudian klik tombol Connect to irc server .tunggu sampai muncul window seperti gambar 4.4









Gambar 4.4 tampilan awal setelah masuk server


4. kemudian akan muncul window mIRC Channes Folder seperti gambar 4.5



Gambar 4.5 Tampilan mIRC Channels Folder


Pilih salah satu channel yang tersedia atau kita bisa membuat room sendiri dengan cara menulis nama channel yang akan kita pakai pada kotak form channel. misalnya : #umm, kemudian enter atau klik join.

5. tunggu sampai anda masuk ke channel yang kita buat atau masuki tadi yaitu umm sampai muncul window channel umm seperti pada gambar 4.6















Gambar 4.6 window salah satu channel

akan terlihat pada window channel umm nick atau orang yang sedang bergabung di chanel malang,

Keterangan :

a. orang yang sedang ngobrol dengan kita

b. nick orang-orang yang masuk ke channel umm

c. form tempat menulis pesan pada semua nick yang tergabung dalam channel

Untuk berbicara atau ngobrol dengan satu orang saja dapat mengklik dua kali pada nick yang akan kita ajak ngobrol seperti pada gambar 4.7, selanjutnya sama dengan ngobrol di channel umm.


BELAJAR MIRC.

Mulai Irc/chat

Setelah anda menginstall sebuah klien, anda siap memulai IRC /melakukan chat dengan menghubungkan diri (connect) pada sebuah server pada jaringan IRC prinsip umum melakukan chat lewat IRC adalah melakukan coneksi pada server memasuki (join) kesuatu/beberapa channel,dan mulai chat dengan user IRC/ chatterz lainnya (meskipun anda melakukan chat/ pebincangan pribadi dengan orang lain tanpa harus memasuki channel tertentu).

Dimana IRC anda dapat melakukan perintah-peritah tertentu (commands),dan semuanya diawali engan tanda garis miring ( / ),misalnya saat anda akan melakukan koneksi ke server DAL.net,anda tinggal mengetik pada layar anda: contoh: /server irc dal.net 7000 , (7000 merupakan nomor port,biasa pada dal.net digunakan nomor port 7000 atau 6667)

Apabila setelah terkoneksi anda mengalami kesulitan,dapat anda lakukan pirintah: /help, dan setelah itu anda ankan mendapatkan berbagai macam informasi yang mungnkin dapat membantu anda.

Basic IRC/Chat comands.

/help : Memberikan informasi- informasi yang mungkin kita perlukan setiap saat kita dalam kesulitan.

/Server severname portnumber : Mengkoneksian PC anda pada server yang disebut.

/Join #channelname : Bergabung pada suatu saluran /channel yang di maksud/ di tulis.

/Nick newnickname : Untuk mengganti nick anda.

/Whois nickname : Mengetahui informasi tentang nick tersebut.

/Whowas nickname : Mengetahui informasi seseorang yang baru saja keluar dari IRC.

/Notify nickname : Meminta pamberitahuan apakan nick yang di tuju barada dalam IRC atau tidak.

/Who #channelname : Menita daftatr nick user yang tergabung dalam channel yang dituju tersebut.

/List #channelname : Meminta daftar nama-nama channel yang ada beserta jumlah user dan topik yang lagi berlangsung di dalamnya.

/Names #channelname : Meminta daftar nama-nama channel yang ada beserta nickname semua user yang tegabung di dalamnya.

/Leave #channelname atau /part #channelname : Meningal suatu channel.

/query nickname : Membuka jendela /ruang baru untuk melakukan percakapan pribadi dengan user lain.

/Msg nickname text : Memberikan pesan kepad user lain tanpa membuka jendela/ ruang baru bagi pemberi pesan tapi tetap mengakibatkan tesedianya jendela /layar bagi penerima pesan tersebut.

/Notice nickname #channel text : Memberikan semacam bisikan pesan tanpa harus membuka ruang/jendela bari lagi bagi pengirim maupun penerima pesan.

/Me youraction atau /Yournick youraction : Mendeskripsikan sesuatu tentang diri anda sendiri.

/describe othernickname /#channelname youraction : Bentuk lain yangsama seperti pada /Me.

/Ignore nickname : Menolak penerima pesan dari user yang di sebukan.

/Ignore *!*@hostname : Menolak pesan dari host yang di sebut.

/Dcc send nickname filname : Mengirim file kepada user lain dengan dcc.

/Dcc chat nickname : melakukan perbincangan pribadi lewat Dcc/ sangat rahasia.

/Away (messege) : Pesan untuk memberitahukan kepada user lain yang mengirim pesan kepada kita,bahwa kita sedang tidak ada di tempat untuk sementara wajktu.

/Invite nickname #channelname : Untuk Memberikan undangan kepada user lain untuk join di channel kita.

/Disconnectrf : Untuk memutuskan koneksi pad IRC dengan segera.

/Quit massage ./signoff (message) : Memutuskan konecsipada IRC dengan sebelumnya mengucapkan apa yang anda tulis.

/Bye (message), atau lexit (message) : Salam/ pesan terakhir yang disampaikan ke dalam channel.

CTCP.

Selain DCC, dekanal pula perintah protocol IRC yang lain yaitu CTCP.CTCP merupakan singkatan dari Client to Client Protocol, yang mempunyai fungsi yang beragam dalam kaitanya dengan hubungan klien ke klien.

Jenis-Jenis perintah CTCP adalah sebagai berikut:

/ping nickname : Untuk mengetahui apakah suatu host yang di tanyakan sedang dalam keadaan hidup (reachable) atau tidak (unreachable).

/version nicknaem : Mengetahui jenis klin IRC yang di gunakan user lain yang di tanyakan.

/time nickname : Mengetahui kepan klin IRC user yang di tanyakan tersebut terakhir aktif /mengirimkan pesan.

PERINTAH"/MODE"(/MODE COMANDS)BAGI USER.

Selain perintah-perintah di atas terdapat juga perintah IRc yang diawali edngan awal perintah :/mode :Perintah /mode digunakan untuk mengubah parameter diri anda dalam IRC. Ciri khas dari perintah ini adalah penggunaan tanda '+' atau `-` setelah penulisan perintah awal:/mode.Ia menggunakan simbol '+' (positif) apabila anda ingin melakukan pengaktifan terhadap perintah yang disebutkan, dan simbol ` - ` (negatif ) apabila anda ingin melakukan pembatalan atas pengaktifan perintah tersebut.

Untuk lebih jelasnya kita ikuti petunjuk di bawah ini dengan sebelumnya desajikan terlebih dahulu jenis-jenis perintah IRC bagi user dengan awalan /mode dan keterangan singkat penggunaannya:

/mode (yournick)+s : Memperkenankan anda menerima pesan dari server.

/mode (yournick)+w : Memperkanankan anda mendapatkan walops :yaitu fasilitas pengiriman pesan kepada Operator IRC.

/mode (yournick)+r : Menetapkan anda tidak melakukan perintah-perintah IRC (dibatasi/ restrict).

/mode (yournick)+i : Membuat nick anda tidak dapat diketahui user lainb (invisible).

PERINTAH"/MODE"(/MODE COMANDS)BAGI ChanOps.

Terdapat pula perintah-perintah IRC dengan menggunakan /mode yang merupakan hak istimewa yang hanya seperti hanya dapat dilakukan oleh Ops.penggunaan perintah sama halnya dengan perintah /mode pada user yang telah kita bahas, perintah ini menggunakan simbol `+ ` atau ` - ` sebagai pengesetan aktif /tidak fitur yang diinginkan

Di bawah ini disajikan awalan /mode bagi ChanOps :

/mode #channlename +B user@host atau /mode #channel +b nickname :Memberikan ban kepada user dalam channel anda dengan identifykasi username hostname,ataupun nicknamenya.

/mode #channelname +O nickname : Memberikan kedudukan Op kepada user lain sehingga memiliki hak yang sama seperti anda sebagai Op.

/mode #channelname +L (number) : Memberikan pembatasan (limit) jumlah user pada channel sehingga channel tersebut hanya dapat di kunjungi maksimal sejumlah user yang sesuai angka pada number.

/mode #channelname +M : Memberikan status moderated pada channel tersebut hanya Ops ( @ ) dan user dengan kuasa voice ( + ) yang dapat berbicara pada channel tersebut.

/mode #channelname +V nickname : Memberikan kuasa voice kepada user lain.

/mode #channelname +I : Memberikan status invite only pada channel, dimana hanya user yang di undang dengan perintah /invite saja yang dapat memasuki channel tersebut.

/mode #channelname +P : Memberikan status pada channel sehingga nama-nama user didalamnya tidak akan nampak lewat perintah /names.

/mode #channelname +S : Memberikan status sescrit ( rahasia ) pada channel,sehingga nama channel tidak akan nampak pada tampilan /list, /names,ataupun perintah /whois.

/mode #channelname +K (password) : Memberikan status terkunci pada channel sehingga itu hanya dapat di masuki dengan mengaktifkan kata kunci (key).

/mode #channelname +N : Tidak menerima pesan dari luar channel (no exteral message).

/mode #channelname +T : Tidak memperkenankan user menetukan topik pada channel.

/mode #channelname +R : Tidak memperkenankan user yang tidak mendaftarkan nicknya (register) ke server untuk bergabung dalam channel.

MEMBERIKAN VARIASI PENULISAN.

Mempertebal teks: Dilakukan dengan cara menekan tombol ctrl dan huruf 'B' bersama sama (Ctrl+B) sebelum teks tersebut di aktifkan.

Menggaris bawahi teks : Dilakukan dengan cara menekantombol 'ctrl' dan huruf 'U'bersama sama (Ctrl+U) sebelum teks tersebut diaktifkan.

Mewarnai teks : Dilakukan dengan cara memblok teks tersebut sebelum diaktifkan (dengan klik kiri pada mouse) kemudian menekan tombol 'Ctrl' dan huruf 'K' bersama-sama (Ctrl+K)
peintah tambahan:

untuk mengkopi teks tekan tombol Ctrl+X

Untuk menampilan nya teks yang telah di kopi tersebut dengan cara menekan tombol Ctrl+V.

PERINTAH DAL.net MELALUI Nickserv.

Nickserv memperkenankan user untuk mendaftarkan / register nickname yang ia gunakan dan memiliki hak kuasa atas nick itu,sehingga mencegah user lain mempergunakan nick tersebut.Jika nick yang telah di register tidak di gunakan oleh pemiliknya selama 30 hari, NickServ akan mencabutnya, sehingga membuka kemungkinan bagi user lain untuk mengregisternya.
Jenis-Jenis perintah melalui NickServ:

1. Perintah NickServ Register :Perintah ini akan mendaftarkan /register nickname yang saat itu anda gunakan ketika anda berada dalam IRC, tentu saja apabila nick tersebut belum diregister userlain.Ini berarti hanya anda yang mempunyai akses ke nick tersebut , kecuali anda membagikan akses nick (memberikan password) kepada user lain.
- Pola penggunaannya : /NickServ register (password) (e-mail)

2. Perintah NickServ Identify : Dengan melakukan perintah ini berarti anda telah memberitahukan kepada NickServ bahwa andalah pemilik dari nick yang anda gunakan dan telah anda register ,sehingga anda diberi kuasa dan mempunyai akses mutlak atas nick yang anda gunakan.

- Anda juga dapat melakukan Identify nick lain yang saat itu tidak anda gunakan, dengan perintah :/NickServ identify (nick) [password].

- Jika anda tidak melakukan perintah Identify, anda dianggap belum menggunakan nick tersebut,sehingga apabila nick anda tidak anda identify selama 30 hari register nickanda akan di cabut.

-Pola Penggunaannya:/NickServ Identify sandirahasia.

3. Perintah NickServ ACCES : Perintah ini memperkenankan anda untuk melihat daftar (LIST), menambah (ADD), atau menghapus (DEL) nama-nama user@hostname dalam daftar akses nick anda. JIka alat host anda berada dalam daftar tersebut ,anda tidak perlu melakukan Identify untuk menggunakan nick tersebut. Anda juga dapat menghapus seluruh nama-nama perintah ACCES MIPE.

- Pola Penggunaannya :/NickServ ACCES list,., /NickServ ACCES add (user@hostname),., /NickServ ACCES del (user@hostname) ,., /NickServ ACCES wipe.

4. Perintah NickServ Recover : Jika anda tidak melakukan pengesetan ENFORCE ,maka apabila ada user lain yang menggunakan Nick tersebut saat anda berada dalam IRC dengan melakukan perintah ini.Anda tinggal melakukan apabila alamat nost anda tidak terdaftar dalam daftar akses nick tersebut . Dengan segera nick anda tidak dapat digunakan oleh user tersebut.

- Pola Penggunaannya : /NickServ recover nickname sandirahasia.

5. Perintah NickServ Ghost : Mungkin terjadi, karena beberapa sebab ,koneksi PC anda ke internet terputus tapi Nickname anda masih 'tertinggal ' dalam IRC sampai beberapa saat lama nya. sehingga saat anda tekoneksi kembali anda tidak dapat menggunakan Nick tersebut.Ini diistilahkan sebagai 'hantu' (ghost) dan dapat anda lenyapkan dengan melakukan Perintah ini .

-Apabila IP anda tidak terdaftar dalam daftar akses nick anda, sertakan password nick tersebut dalam melakukan perintah ini.

- Pola penggunaannya : /NickServ Ghost nickname sandirahasia.

6. Perintah Drop : Dengan melakukan Perintah ini, berarti anda mengajukan pencabutan register nick anda kepada NickServ. Jika nick ini telah dicabut register,user lain dapat menggunakan nick tersebut.

-Untuk melakukan perintah ini,terlebih dahulu andaharus melakukan perintah identify kepada NickServ terhadap nick yang bersangkutan. setelah itu, pertama-tama gunakan Perintah /Nickserv drop (nick), dan anda akan mendapatkan 'kode drop' (drop code ) yang de gunakan untuk melakukan perintah drop pada langkah selanjutnya. - Pola penggunaannya :/Nickserv drop cit ,/NickServ cit kodedrop.

7. Perintah Nickserv Release : Setelah anda melakukan perintah recover untuk menghentikan user lain menggunakan nick anda, maka Nickserv akan melakukan proteksi sehingga nick tersebut tidak dapat diginakan selama 2 menit , Dengan melakukan perintah release maka anda melakukan perintah kepada Nickserv untuk membebaskan nick tersebut supaya dapat anda digunakan.

- Pola penggunaannya : /Nickserv Release nickname sandirahasia.

8. Perintah NickServ Info : Perintah ini digunakan apabila anda ingin mengetahui informasi tentang sebuah nick yang telah di register,Informasi itu dapat berupa kapan nick itu teregister, kapan nick itu terakhir di Identify ,dan fitur-fitur perintah pengesetan apa yang dilakukan oleh pemilik nick itu.

- Pola Penggunaannya : /NickServ Info (nick).

Anda diperkenankan mengubah pengesetan terhadap Nickname anda, dimana variasi pengesetan itu akan dijelaskan di bagian setelah ini.Sebelum anda melakukan perintah ini,nick anda harus telah di register terlebih dahulu.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan













Chatting ialah percakapan interaktif antar sesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Percakapan ini bisa dilakukan dengan saling berinteraktif melalui teks, maupun suara. lihat juga chat. Berbagai aplikasi dapat digunakan untuk chatting ini, baik melalui SMS, aplikasi messenger seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, mIRC, dll.

Salah satu program yang digemari untuk chatting adalah dengan “IRC” . Selain itu ada juga MSN Messenger, Yahoo Messenger, ICQ (I Seek you), American On-Line (AOL) dan bahkan saat ini beberapa website memberikan fasilitas langsung untuk para pengunjung yang telah mendaftar sebelumnya untuk chatting.

Umumnya orang akan memilih program chatting yang paling banyak digemari dan mudah menjalankannya. Sekarang, mari kita lihat cara menjalankan beberapa program untuk chatting dan kelebihannya.

IRC (Internet Relay Chat) atau sering disebut dengan chat atau chatting adalah salah satu layanan (feature) dalam internet yang berfungsi sebagai forum diskusi online para pengguna internet dengan menggunakan tulisan sebagai alat untuk berdiskusi. IRC ini menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia, IRC terdiri dari bermacam-macam jaringan server IRC (mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC).

Para pengguna memiliki suatu program (yang disebut ‘client’) untuk menghubungkan mereka dengan suatu server dari salah satu jaringan IRC tersebut. Server-server ini yang akan mengirimkan informasi dari satu server ke server yang lain dalam jaringan yang sama.