Selamat Datang di X3-PRIMA, Melayani Setulus Hati, Memberikan yang terbaik

30.9.09

Gempa 7,6 SR Mengguncang Sumatera Barat

Oleh : Hendrayana Taufik

Mahasiswa Teknologi Pangan

Universitas Al-Ghifari Bandung



Hari ini Rabu 30 September 2009 Gempa kembali mengguncang Wilayah tanah air kita, di Pariaman Sumatera Barat. Gempa berkekuatan 7,6 SR ini terjadi pada pukul 17.15 WIB. Pusat Gempa terletak 57 km Barat Daya Pariaman Sumatera Barat. Pada kedalaman 71 Km. dengan posisi 00,84 LS dan 99,65 BT. Gempa ini terjadi karena tumbukan Lempeng Samudera Asia yang berada di Sumatera. Gempa berkekuatan 7,6 SR ini guncangannya terasa sampai di Malaysia dan Singapura.

Akibat gempa ini, seluruh warga Sumatera Barat Panik, Baik dari daerah Pariaman, Medan, Jambi, Padang bahkan Kerinci dan wilayah lainnya. Gempa kali ini menurut sebagian Warga terjadi + 3-5 menit. Dampak yang paling parah terjadi di Kota Padang Sumatera Barat, Jalan-jalan rusak dan terbelah, Warga-warga berhamburan dari dalam bangunan menuju keluar, mencari tempat yang dianggap aman. Kepanikan juga melanda daerah lain, Jambi, Medan dan yang lainnya. Setidaknya ada 7 gedung di Jambi retak dan rusak parah akibat Gempa.

Kota Padang yang menjadi wilayah terparah akibat gempa ini kini lumpuh total, Gedung Telkom dan PLN Rusak parah, sehingga menyulitkan komunikasi. Listrik Padam, Jaringan Telepon terputus dan Hujan terus mengguyur kota ini dari maghrib, dan Beberapa Gempa susulan terus mengguncang Sumatera Barat, sehingga membuat warga panik. Bahkan karena takut terjadi Tsunami, sebagian warga Mentawai berlarian menuju Bukit.

Beberapa warga belum berani masuk kerumahnya, karena dikhawatiran Gempa susulan terjadi lagi. Mereka berjaga-jaga diluar, sambil menunggu bantuan. Belum dapat dipastikan berapa korban meninggal, luka berat/ringan, karena akses komunikasi masih terputus. Diperkirakan Ratusan Rumah Hancur akibat Gempa ini. Beberapa Gedung-gedung kantor mengalami kerusakan parah.

Penerbangan di Sumatera Barat pun terpaksa ditunda, padahal belum semua warga SUMBAR pulang mudik ke Jakarta. Menurut Direksi Lion Air “Edwar Sirat”, mengatakan Bahwa Penerbangan Terpaksa ditunda akibat gempa ini, dan akan dibuka lagi pada pukul 07.00 besok hari, padahal seharusnya ada 2 jadwal keberangkatan yang mesti dilaksanakan yaitu pada jam 18.30 dan 19.30, namun semua jadwal itu terpaksa ditunda sampai besok. Begitupun dengan Bandara Minangkabau, baru akan kembali di buka kemali pada esok hari pukul 07.00 WIB.

Gempa Memang Kejadian Alam yang sulit diprediksi kedatangannnya, Oleh karena itu kita mesti terus bisa siaga. Mudah-mudahan Para Korban Gempa di Sumatera Barat ini diberikan Ketabahan dan Kekuatan, di kepada para Dermawan mari kita bantu saudara kita yang sedang mengalami musibah ini.

Mudah-mudahan musibah ini bisa memberikan hikmah kepada kita, agar senantiasa Terus meningkatkan ketaqwaan kita kepada-Nya. Dan Mudah-mudahan kita selalu ada dalam lindungan-Nya.

Amin….