Selamat Datang di X3-PRIMA, Melayani Setulus Hati, Memberikan yang terbaik

22.9.09

email Client

BAB II

PEMBAHASAN

Ada sejumlah program e-mail client yang cukup populer, seperti Microsoft Outlook dan Outlook Express, Eudora, Netscape Messenger, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih program yang Anda sukai, atau program yang Anda anggap paling bagus. Agar pesan-pesan e-mail Anda di server bisa diambil dengan sukses oleh program e-mail client, Anda harus mengatur setting untuk POP3 dan SMTP account-nya.

Untuk POP3 account biasanya bersifat fixed, tidak bisa diubah-ubah. Jika Anda menggunakan account e-mail CBN misalnya, maka POP3 accountnya adalah pop.cbn.net.id. Sedangkan SMTP account biasanya lebih fleksibel, karena tergantung dari ISP yang Anda gunakan. Misalnya Anda menggunakan account e-mail gratisan dari hotpop.com. Anda bisa menggunakan SMTP account-nya hotpop.com (smtp.hotpop.com), atau SMTP dari ISP Anda (untuk CBN, SMTP account-nya adalah smtp.cbn.net.id).

Secara umum, penggunaan e-mail client akan meminimalisir "ketergantungan" Anda terhadap akses internet. Kenapa? Karena koneksi internet hanya Anda butuhkan ketika melakukan dua hal: (1) mengambil pesan-pesan e-mail dari mail server Anda, dan (2) ketika Anda hendak mengirim e-mail. Anda sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet ketika membaca atau mengetik pesan e-mail.

Webmail dan e-mail

Tidaklah terlalu mudah untuk mengatakan bahwa webmail lebih baik daripada e-mail client, atau sebaliknya. Sebab kedua media ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Keunggulan utama webmail adalah kemampuannya untuk diakses dari mana saja di seluruh dunia. Dari kantor, warnet, rumah, luar negeri, rumah tetangga, atau dari tempat lain, terserah Anda. Yang penting, komputer yang Anda pakai memiliki akses internet. Kemudahan seperti ini disebabkan e-mail yang Anda kelola berada di mail server tertentu, bukan di komputer pribadi Anda.

Sedangkan kelemahan webmail adalah ketergantungannya yang sangat tinggi terhadap akses internet. Selama mengelola e-mail, Anda harus terkoneksi terus ke internet. Selain itu, proses pembacaan pesan e-mail cukup merepotkan. Anda harus mengklik subject e-mail tersebut untuk melihat isinya. Dan proses untuk membuka pesan ini bisa memakan waktu lama, terlebih bila koneksi internet Anda termasuk kategori "bolot". Lantas bagaimana jika Anda harus membaca 20 pesan e-mail sekaligus? Berapa menit waktu yang Anda butuhkan, dan berapa pulsa telepon biaya akses internet yang harus Anda korbankan?

Kelemahan webmail lainnya adalah dalam hal kuota. Ada pembatasan tertentu terhadap kapasitas mail server Anda. Yahoo misalnya, memberikan kuota 6 MB. Jika pesan-pesan e-mail Anda di Yahoo sudah mencapai 6 MB, maka Anda tidak akan bisa menerima pesan-pesan baru. Untuk mengatasinya, Anda harus membuang pesan-pesan yang tidak penting.

Program-program e-mail client memiliki memiliki keunggulan dan kelemahan yang sebaliknya. Keunggulannya, seperti penulis utarakan di atas, Anda bisa menghemat koneksi internet. Anda cukup terkoneksi ketika melakukan Send and Receive terhadap pesan-pesan e-mail Anda. Setelah itu, Anda bisa membaca dan mengetik e-mail secara offline. Keunggulan lainnya, proses pembacaan pesan sangatlah gampang. Anda tinggal mengklik subject sebuah pesan, lalu dalam sekejap Anda akan bisa membacanya. Bahkan hampir semua program e-mail client memiliki fasilitas Auto Preview, yang membuat proses pembacaan e-mail menjadi lebih mudah. Anda juga tak perlu khawatir soal kuota, karena pesan-pesan e-mail Anda telah berpindah dari mail server ke komputer pribadi Anda.

Sedangkan kelemahan utama e-mail client adalah keterbatasannya dalam mengakses pesan e-mail Anda. Anda hanya bisa mengakses e-mail Anda dari komputer pribadi Anda, tidak bisa dari komputer tetangga, warnet, apalagi dari luar negeri. Selain itu, apabila Anda kurang hati-hati, pesan-pesan rahasia di inbox Anda bisa dibaca oleh orang lain dengan gampang. Memang, ada fasilitas Identity seperti di Outlook Express yang sanggup melindungi Anda dari kemungkinan terbacanya e-mail Anda oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Namun tidak semua e-mail client memiliki fasilitas Identity. Kalaupun ada, tidak semua orang menggunakannya, mungkin karena tidak tahu, atau merasa tidak perlu.

Saya harus pakai yang mana?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus bertanya dulu tentang kondisi dan tujuan Anda. Jika Anda memiliki komputer pribadi di rumah, atau Anda mengakses internet dari komputer di kantor, program e-mail client sangat cocok bagi Anda. Tapi bila Anda hanya bisa mengakses internet dari warnet, atau bagi Anda yang sering bepergian, webmail justru lebih Anda butuhkan ketimbang e-mail client.

Jika Anda pengguna e-mail client, tidak tertutup kemungkinan jika suatu saat Anda menggunakan webmail untuk mengakses e-mail Anda. Setiap mail server, termasuk mail server ISP Anda, biasanya memiliki fasilitas webmail yang dapat Anda gunakan sewaktu-waktu. Ada saat-saat tertentu di mana Anda memang perlu mengelola e-mail Anda melalui webmail, di antaranya:

Ketika Anda sedang bepergian atau libur kantor. Anda tentu harus mengakses e-mail Anda dari tempat lain seperti warnet.

Ketika ada masalah dengan mail server Anda. Misalnya ada pesan yang ukurannya sangat besar, sehingga Anda kesulitan mengambil semua pesan dari server. Untuk mengatasinya, Anda harus masuk dulu ke webmail, menghapus pesan e-mail yang besar tersebut, lalu mengambil pesan-pesan yang tertinggal dengan program e-mail client.

Saran penulis, jika Anda memiliki akses internet pribadi di rumah atau kantor, Anda sebaiknya mengakses e-mail ISP Anda dengan program e-mail client, dan digunakan untuk keperluan kantor saja, dan berkorespondensi dengan teman-teman terdekat Anda. Sedangkan untuk tujuan-tujuan lain, seperti ngobrol di forum diskusi, mengikuti mailing list yang tidak terlalu ramai, dan sebagainya, sebainya Anda menggunakan e-mail gratisan seperti Yahoo yang diakses dengan webmail.

Langkah email client

Tidak diragukan lagi hampir semua orang mengetahui situs www.yahoo.com. Sebuah situs yang boleh dibilang situs yang paling lengkap dan paling digemari terutama untuk fasilitas e-mail. Jutaan orang telah menggunakan account e-mail mereka di Yahoo. Dengan fasilitas space 250 MB untuk e-mail gratis Yahoo memang wajar menjadi pilihan. Namun sayang sejak April 2002 fasilitas gratis e-mail Yahoo hanya bisa diakses melalui web (Web Based Email). Sejak saat itu user yang mengharapkan fasilitas POP3/SMTP harus rela mengeluarkan sejumlah uang untuk mengakses e-mail di Yahoo melalui e-mail client (Outlook, Netscape, Eudora, Mozilla, Calypso, dan lain-lain).

Bagi anda yang senang menggunakan e-mail client untuk mengakses account di Yahoo tentu hal tersebut menjadi masalah. Namun anda tidak perlu berkecil hati ada sebuah software gratis yang mampu menyelesaikan masalah ini. YahooPOPs adalah salah satu solusi.

YahooPOPs merupakan sebuah open source yang dibuat untuk menyediakan akses POP 3 dan SMTP ke account e-mail di Yahoo. Aplikasi ini bisa dikatakan sebuah server POP3 dan SMTP yang memungkinkan e-mail client (Outlook, Netscape, Eudora, Mozilla, Calypso, dan lain-lain) untuk mendownload atau mengirim email dari account e-mail di Yahoo.

Untuk mendapatkan software ini anda cukup mendownload dari situs http://yahoopops.sourceforge.net/. Selanjutnya anda tinggal meng-install sotware tersebut. Proses instalasi cukup mudah untuk dilakukan dengan hanya double klik pada file yang anda download. Setelah instalasi selesai anda tinggal mengatur konfigurasi. Konfigurasi YahooPOPs dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada ikon YahooPOPs yang terdapat pada system tray (di pojok kanan bawah).Selanjutnya pilih configure. Maka akan muncul menu untuk mengkonfigurasi YahooPOPs. Untuk lebih jelasnya tetang konfigurasi anda bisa menggunakan fasilitas Help yang disediakan.

Setelah YahooPOPS selesai dikonfigurasi maka sekarang anda tinggal melakukan konfigurasi pada e-mail client. Sebagai contoh penulis menggunakan Ms Outlook Xp. Untuk konfigurasi e-mail client lainnya bisa dilihat di situs pembuatnya.
Berikut ini adalah langkah-langkah konfigurasi Ms Outlook Xp.

  • Pilih Tools > Email Accounts dari menu utama.
  • Pilih Add a new e-mail account kemudian klik Next.
  • Pilih POP3 sebagai tipe server.
  • Masukan username dan alamat lengkap e-mail anda di bawah ?User Information?.
  • Masukan username dan password di bawah ?Logon Information?.
  • Masukan ?localhost? pada ?Incoming mail server (POP3)?.
  • Masukan ?localhost? pada ?Outgoing mail server (SMTP)?.
  • Klik pada tombol More Setting dan pilih tab Advanced.
  • Ubah Server Timeouts ke ?Long? (10 Menit) dengan cara menggesernya.
  • Pilih tab Outgoing Server.
  • Enable (beri tanda checklist) My outgoing server (SMTP requires authentification. Pilih Log on using dan masukan username alamat email yahoo anda beserta password-nya.
  • Klik Ok untuk menutup dialog More Setting.
  • Klik Next dan kemudian Finish.

Setelah selesai anda tinggal mengkoneksikan komputer anda ke internet. Maka secara otomatis file-file di inbox e-mail Yahoo anda akan pindah ke inbox Outlook. Anda juga dapat mengirimkan e-mail ke rekan-rekan anda



Setting Email Client

Outlook Express

Untuk mensetup email di email klien Outlook Express, langkah-langkahnya:

  1. Klik button "Start"
  2. Klik "All Programs"
  3. Klik "Outlook Express"
  4. Akan ada pilihan apakah Anda ingin membuka secara otomatis setiap kali Anda memulai Outlook Express, klik "Yes" jika mau, klik No (jika tidak)
  5. Beri tanda cek untuk "When Outlook Express starts, go directly to my Inbox"
  6. Silakan klik "Tools" kemudian diikuti dengan klik "Accounts"
  7. Klik "Add" kemudian klik "Mail" untuk membuka "Internet Connection Wizard"
  8. Pada halaman "Your Name", silakan isi nama Anda lalu klik "Next"
  9. Pada halaman "Internet Explorer Address" isi nama email Anda kemudian klik "Next"
  10. Pada halaman "E-mail Server Names", untuk isian "Incoming mail (POP3, IMAP or HTTP) server:" diisikan mail.namadomain.com. Untuk "Outgoing mail (SMTP) server:", silakan isikan "mail.namadomain.com". Setelah itu klik "Next"
  11. Pada halaman "Internet Mail Logon", isikan nama email Anda dengan lengkap (cth: me@namadomain.com This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it )
  12. Klik "check-box" "Remember Password" untuk menyimpan password Anda, untuk selanjutnya Anda tidak ditanya password kembali.
  13. Klik "Next" dan klik "Finish"

Thunderbird

Untuk setup email klien mozilla thunderbird baik di windows maupun di linux, langkah-langkahnya:

  1. Pada Mozilla Thunderbird, silakan pilih menu "Tools" kemudian pilih "Account Settings"
  2. Pilih radio button "Email account" kemudian klik button "Next"
  3. Untuk kolom isian "Your Name" masukkan nama Anda dan untuk "Email Address" silakan isikan email lengkap. cth: me@ me@namadomain.com This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it kemudian klik button "Next"
  4. Untuk pemilihan protokol, silakan pilih radio button "POP" kemudian untuk "Incoming Server" silakan ketikkan "mail.namadomain.com" (tanpa kutip). Silakan check pilihan untuk check-box "Use Global Inbox" (store mail in Local Folders) untuk membuat folder global, silakan beri tanda cek atau di-uncheck pilihan tersebut untuk membuat folder lokal, kemudian klik button "Next"
  5. Masukkan nama email Anda di kolom "Incoming User Name" dan "Outgoing User Name" kemudian klik button "Next"
  6. Untuk kolom "Account Name" Anda bisa isikan dengan "Emailku" (tanpa kutip) atau lainnya, kemudian klik button "Next"
  7. Silakan diverify/dicek kembali account information Anda kemudian klik "Finish"
  8. Pada window "Account Settings", pilih "Outgoing Server (SMTP)"
  9. Masukkan "mail.namadomain.com" di kolom isian "Server Name" dan untuk Port nya default, 25
  10. Pilih check-box "User name dan "Password" serta masukkan alamat email Anda. Mozilla Thunderbird akan menanyakan password untuk pertama kalinya kemudian klik "OK"

Setting Outlook Express

Instalasi Dan Setting Outlook Express

Instalasi Outlook Express

  1. Cek apakah di layar deskop anda sudah ada icon Oulook Express.

Jika sudah tersedia bisa langsung ke langkah 6, tetapi bila belum ada silahkan lanjutkan dengan petunjuk berikut :

  1. Dari Start, pilih Settings, pilih Control Panel lalu klik Add/Remove Programs.

  2. Pilih Window Add/Remove Program Properties, pada tab Windows setup, pilih Outlook Express.

  3. Karena aplikasi Outllok Express membutuhkan komponen Address Book klik OK, sehingga akan tampak gambar seperti langkah nomor 2, kemudian klik OK kembali.

  4. Bila Window meminta program installasi dari Windows anda, isilah lokasi sumbernya kemudian klik OK. Tunggu sampai proses pembentukan icon Outlook Express di desktop anda. Lanjutkan selanjutnya adalah setting mail anda. Apabila disket/CD yang sesuai tidak ada, klik Cancel. Hal ini berarti anda tidak bisa menggunakan program Outlook Express.

Setting Outlook Express

  1. Jalankan Outlook Express dengan cara meng klik dua kali icon Outlook Express, setelah itu pilih menu Tools, Account.

  2. Setelah muncul window Internet Accounts, Klik Add, pilih Mail.

  3. Isi Display name dengan nama lengkap adan, kemudian klik Next.

  4. Isi Email Address dengan alamat email yang telah dialokasikan kepada anda, kemudian klik Next.

  5. Pilih My Incoming mail server is a POP3 server. Isi Incoming mail (POP3, IMAP or HTTP) server dengan POP3 sesuai POP WNet anda terdaftar, isi Outgoing mail (SMTP) server dengan SMTP sesuai POP Wnet anda terdaftar. ( Silakan lihat di daftar Setting SMTP/POP untuk POP W-Net ).

Contoh untuk pelanggan Wasantara Net Jakarta, isi Incoming mail (POP3, IMAP or HTTP) server dengan jakarta.wasantara.net.id kemudian isi Outgoing mail (SMTP) server dengan jakarta.wasantara.net.id setelah itu klik Next.

  1. Pada Internet Mail Logon, Account name akan terisi secara otomatis, Account name anda ini sama dengan User ID yang digunakan untuk dial ke Wasantara Net. Isi Password anda (sama dengan password sewaktu dial ke wasantara net). Jika dirasa perlu anda dapat memilih Remember password (rekomendasi tidak dipilih). Kemudian klik Next.

  1. Klik Finish,akan dimuncul window Internet Accounts seperti langkah sebelumnya. Klik Close, proses setting Outlook Express selesai. Anda dapat mencobanya setelah anda terkoneksi ke Wasantara (dial terlebih dahulu).

  2. Untuk membuat email baru, pilih menu File, New, Mail Message. Sedangkan untuk cek mail klik icon Send/Recv.

BAB III

KESIMPULAN

E-mail merupakan media surat-menyurat yang dilakukan melalui media elektronik alias komputer. Dengan e-mail, komputer-komputer di seluruh dunia - yang terhubung dalam jaringan internet - bisa saling mengirim pesan, sebagaimana layaknya Anda mengirim surat kepada rekan-rekan Anda yang tingal di belahan dunia yang lain.

Dilihat dari cara kerjanya, proses pengiriman e-mail sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat konvensional. Untuk mengirim surat, pertama kali Anda mengantar surat tersebut ke kantor pos terdekat. Pihak kantor pos akan mengumpulkan seluruh surat yang masuk, menyortirnya berdasarkan wilayah tujuan, lalu mendistribusikan surat-surat tersebut ke alamat tujuan masing-masing.

E-mail pun bekerja dengan cara seperti itu. Ada dua protokol utama yang mengatur lalu lintas surat elektronik. Protokol pertama bernama SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos, dan berfungsi untuk mendistribusikan pesan-pesan yang Anda kirim ke alamat (baca: mail server) tujuan. Sedangkan protokol kedua bernama POP3 (Post Office Protocol version 3), yang bertugas menangani pesan-pesan elektronik yang masuk ke "kotak pos" Anda.

Ketika Anda mengirim sebuah pesan elektronik, komputer Anda akan mengarahkan pesan tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan. Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah Anda, atau kotak PO BOX di kantor pos. Pesan-pesan yang terkirim akan "nongkrong" di tempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan pesan elektronik tersebut ditangani oleh protokol bernama POP3 tadi.

Anda sebagai penerima e-mail memiliki keleluasaan untuk memilih, dengan program atau media apa Anda mengambil pesan-pesan yang masuk ke mail server Anda. Setiap mail server memiliki fasilitas bernama webmail yang memungkinkan Anda mengelola e-mail dari mana saja di seluruh dunia. Yang penting, komputer Anda memiliki akses internet.

Webmail ini bisa diakses melalui program browser favorit Anda seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan sebagainya. Anda tinggal mengetikkan alamat URL dari webmail tersebut (misalnya http://mail.yahoo.com atau www.hotmail.com), melakukan login dengan memasukkan username dan password, lalu Anda akan segera bisa melihat pesan-pesan yang masuk ke "kotak surat" alias inbox Anda. Inilah yang disebut sebagai "mengelola e-mail dengan webmail".

Sementara POP client (atau e-mail client) adalah software pengelola e-mail yang bertugas untuk memindahkan pesan-pesan e-mail dari mail server Anda ke harddisk di komputer Anda. Karena tugasnya adalah memindahkan, maka inbox di mail server Anda akan kosong setelah pesan-pesan tersebut masuk ke komputer Anda.

Ada sejumlah program e-mail client yang cukup populer, seperti Microsoft Outlook dan Outlook Express, Eudora, Netscape Messenger, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih program yang Anda sukai, atau program yang Anda anggap paling bagus. Agar pesan-pesan e-mail Anda di server bisa diambil dengan sukses oleh program e-mail client, Anda harus mengatur setting untuk POP3 dan SMTP account-nya.

Untuk POP3 account biasanya bersifat fixed, tidak bisa diubah-ubah. Jika Anda menggunakan account e-mail CBN misalnya, maka POP3 accountnya adalah pop.cbn.net.id. Sedangkan SMTP account biasanya lebih fleksibel, karena tergantung dari ISP yang Anda gunakan. Misalnya Anda menggunakan account e-mail gratisan dari hotpop.com. Anda bisa menggunakan SMTP account-nya hotpop.com (smtp.hotpop.com), atau SMTP dari ISP Anda (untuk CBN, SMTP account-nya adalah smtp.cbn.net.id).

Secara umum, penggunaan e-mail client akan meminimalisir "ketergantungan" Anda terhadap akses internet. Kenapa? Karena koneksi internet hanya Anda butuhkan ketika melakukan dua hal: (1) mengambil pesan-pesan e-mail dari mail server Anda, dan (2) ketika Anda hendak mengirim e-mail. Anda sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet ketika membaca atau mengetik pesan e-mail.