Selamat Datang di X3-PRIMA, Melayani Setulus Hati, Memberikan yang terbaik

13.8.09

Tutorial Internet

1. PENDAHULUAN

Dalam menjelajahi dan memanfaatkan teknologi internet seseorang akan dihadapkan pada sebuah komunitas yang tidak berbeda dengan komunitas riil seperti yang kita jalani di alam fana ini. Seperti halnya keberadaan hidup kita, dunia internet (cyber space) juga memiliki sisi positif dan sisi negatif. Internet dapat memberikan informasi yang bersifat mendidik atau pun menyesatkan tergantung pada tujuan dari pengguna (user) internet tersebut. Karena di dunia internet sama sekali tidak ada kontrol atau pengawasan yang mengikat semuanya serba bebas. Hanya etika, mental dan keimanan masing-masing individu yang mampu menentukan norma-normanya.
Didalam buku ini akan dibahas beberapa hal yang paling mendasar dari teknologi internet yang perlu diketahui oleh para pemula pengguna (user) internet. Kami berharap dengan adanya buku panduan aplikasi internet ini dapat mengantarkan pembaca dalam memahami dan mengoperasikan teknologi internet.

KONSEP INTERNET
Internet sendiri mempunyai banyak definisi, tergantung pada sudut pandangnya. Dari sudut teknis, internet adalah jaringan komputer dunia yang meliputi jutaan komputer. Komputer-komputer tersebut bisa saling bertukar informasi dan bahkan saling "berbicara".
Dari sudut ilmu pengetahuan, internet adalah perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat jutaan artikel, buku, jurnal, kliping berita, foto, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang bisa "berkunjung" ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja. Bagi yang suka berbelanja, internet merupakan pusat perbelanjaan terbesar di dunia.
Internet juga bisa dianalogikan sebagai sebuah kota elektronik yang sangat besar dimana setiap penduduk memiliki alamat (Internet Address) yang dapat digunakan untuk berkirim surat atau informasi. Jika penduduk itu ingin berkeliling kota, cukup dengan menggunakan komputer sebagai kendaraan. Jalannya jaringan bertumpu di atas sarana atau media telekomunikasi baik kabel maupun udara

SEJARAH INTERNET

Sebelum ada Internet, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, jika terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jadi bila satu bagian dari sambungan network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu Internet digunakan oleh kalangan akademisi (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990.

Ringkasan singkat sejarah Internet :

1960 Computer scientists research techniques to connect systems on a shared network.
1969 ARPANET (DoD Advanced Research Project Agency) connects UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, and Stanford Research Institute.
1975 Management of the Internet is transferred to the U.S. Defense Communications Agency.
1979 USENET begins offering its worldwide broadcast conferencing system of newsgroups.
1981 BITNET (Because It's Time Network) begins offering e-mail and list servers for information distribution. CSNET (Computer Science Network) offers dial-up service for e-mail. People can now access the Internet using desktop computers.
1982 TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) becomes the standard for network communications on ARPANET.
1983 MILNET and DDN (Defense Data Network) split off from ARPANET.
1984 The Domain Name Server (DNS) system is introduced.
1986 The Cleveland FreeNet starts operation.
1987 The National Science Foundation (NSF) signs a $14 million, five-year agreement with IBM, MCI, and the Michigan Educational Research Information Triad to manage the network.
1988 Robert Morris, Jr. releases a "worm" into the Internet. Many computers grind to a halt.
1990 CERN (the European Particle Physics Laboratory in Switzerland) develops the World Wide Web.
1991 NSF lifts the restrictions against commercial use of the Internet. DoDDS starts using CC:Mail.
1992 Congress establishes the National Research and Education Network (NREN) as a vision of a national network to serve the educational and research communities. NREN has not been funded.
1993 President Clinton becomes the first head of state to use the Internet for electronic messaging. His address is president@whitehouse.gov.
1994 Digital video and audio transmit over the Internet.
1995 The DoDDS schools in Okinawa establish Internet connections.

FUNGSI INTERNET
Internet saat ini sangat banyak fungsinya dan sangat membantu pekerjaan manusia diantaranya dalam bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain sebagainya), antara lain:
1. Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah, melalui:
• Email (ElectronicMail)
• WWW (World Wide Web)
• FTP (File Transfer Protokol)
• NewsGroup
• Gopher
• Dan lain-lain
2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh:
• Koran masuk Internet
• Majalah, brosur, dan lain sebagainya
3. Sebagai media promosi, contoh:
• Image Company
• Pengenalan, dan pemesanan produk
4. Komunikasi Interaktif
• E-mail
• Dukungan Pelanggan dengan WWW
• Video Conferencing
• Internet Relay Chat
• Internet Phone
5. Sebagai alat Research and Development
6. Sebagai sarana pendidikan (E-Learnning)
7. Pertukaran data
8. Ecommerce, yaitu perdagangan atau bisnis lewat internet, seperti penjualan produk, dari philip, motorola, ericson, maspion dan lain lain.

PERTUMBUHAN INTERNET
Menurut Indonesia Internet Research Center (IIRC) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Internet mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat saat ini. Dari data statistik yang didapat, adalah sebagai berikut:
• 3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 2003
• Populasi 30 juta pengguna internet sebanyak (2005)
• Pertumbuhan internet mencapai 10 % tiap bulannya
• Perkiraan ada 100 juta pengguna pada tahun 2008
• E-mail mendominasi 85% dari layanan internet dalam hal hubungan bisnis.

JENIS KONEKSI INTERNET
1. GPRS (General Packet Radio Service) adalah sistem koneksi Internet yang menggunakan perangkat GSM. Dengan GPRS, panggilan voice dapat dilakukan secara bersamaan dengan transmisi data. Nama lain dari GPRS adalah GSM-IP (GSM Internet Protocol), karena menghubungkan pengguna dengan ISP.
2. Wave LAN Teknologi untuk koneksi Internet ini cukup populer di kalangan warung Internet dan perkantoran. Wave LAN cocok digunakan untuk lokasi yang belum atau sulit terpasang instalasi kabel telepon, pada jaringan sementara, dan kondisi khusus lainnya. Teknologi yang ada pada Wave LAN merupakan teknologi transmisi data menggunakan media radio yang dikenal sebagai Code Division Multiple Access (CDMA).
3. Dial Up. Sistem koneksi Internet paling populer ini, digunakan oleh mayoritas pengguna Internet di Indonesia. Sistem ini dikenal simpel dan mudah digunakan. Kelemahan yang paling mencolok dari sistem koneksi ini adalah biayanya. Untuk biaya koneksi Internet, harus dihitung biaya dial up ke ISP dan pulsa lokal ke jaringan telepon.
4. Broadband. Secara sederhana,broadband bisa diartikan pita atau 'jalan yang lebar untuk koneksi internet, sehingga memberikan akses yang jauh lebih cepat dibandingkan koneksi dial-up. Awalnya berupa ISDN (Integrated Services Digital Network) yang memiliki dua varian, yakni BRA (2B+D) dan PRA (30B+D), dilanjutkan dengan layanan broadband menggunakan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). Varian XDSL ini menjadi pilihan pertama untuk penetrasi broadband, jauh melampui penetrasi coaxial cable modern yang sudah terlebih dahulu diperkenalkan. (YDI: kompilasi PC Media)
5. Speedy adalah layanan akses internet dengan kecepatan tinggi menggunakan teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line). Dengan layanan ini, jaringan akses telepon pelanggan ditingkatkan kemampuannya menjadi jaringan digital berkecepatan tinggi, sehingga selain mendapatkan fasilitas telepon (voice), pelanggan juga dapat melakukan akses internet (dedicated) dengan kecepatan (downstream) yang tinggi (s/d 512 Kbps).
6. Hotspot adalah layanan internet tanpa kabel yang menggunakan teknologi Wi-Fi (802.11b). Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah istilah populer untuk jaringan wireless (tanpa kabel) dengan frekuensi tinggi. Teknologi Wi-Fi 802.11b menggunakan frekuensi 2.4 GHz yang mempunyai kecepatan hingga 11 MBps
MEMULAI KONEKSI INTERNET

Untuk memulai koneksi Internet, minimal kita membutuhkan 1 komputer, modem dan line telepon. Kita juga harus mendaftarkan diri ke Internet Service Provider untuk bisa mendapatkan software serta akses ke Internet. Internet Service Provider merupakan suatu perusahaan yang menyediakan layanan akses Internet atau bisa disebut sebagai pintu gerbang (Gateway) ke Internet. Supaya kita bisa terhubung ke Internet, kita perlu mendaftarkan diri dan berlangganan internet ke ISP.
Adapun yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet adalah sebagai berikut :
1. Hardware (perangkat keras)
Hardware yang diperlukan adalah : Komputer yang sudah disetting untuk koneksi ke internet, modem, dan line telepon.
2. Software (perangkat lunak)
Sortware yang diperlukan adalah internet browser antara lain : internet explorer,mozilla,opera,netscape comunicator, neoplanet, katisoft.


BROWSING
Browsing berasal dari kata browse yang artinya melihat-lihat atau membaca-baca, maka browsing dapat diartikan melihat, membaca, membuka salah satu situs di internet. Mencari dan menemukan informasi di dalam dunia internet sering disebut dengan “Menjelajah internet” atau “Surfing the Web” atau “browsing”, hal itu sangat mudah dilakukan. Jika kita sudah mengetahui apa yang akan kita cari, kita tinggal memasukkan alamat situs, selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk dari situs tersebut.
Alat yang digunakan untuk browsing adalah browser machine yaitu program-program aplikasi komputer yang digunakan untuk mengakses fasilitas WWW atau homepage. Browser yang populer saat ini diantaranya adalah Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera dan lain lain.
Jika kita sudah mempunyai atau menginstall salah satu browser di komputer kita, agar dapat melakukan browsing kita harus mengetahui terlebih dahulu alamat dari suatu website yang akan kita kunjungi. Alamat website juga dapat disebut dengan istilah URL (Uniform Resource Locator). Pada umumnya seseorang membuat dan membangun situs Web mengenai sesuatu yang menarik, seperti perusahaan yang akan menawarkan produk dan layanan mereka, atau hanya sekedar untuk memberikan informasi kepada khalayak umum, atau bahkan untuk menjadi ajang komunikasi dan diskusi suatu kelompok tertentu.
Di dalam dunia internet alamat website juga sering disebut dengan situs web. Situs–situs web ini pada umumnya menggunakan protocol. Sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, penulisan alamat website yang benar sudah dirancang sedemikian rupa sehingga user atau pengguna internet dapat menggunakan secara familiar. Misalnya http://www.umm.ac.id.
Jika kita analogikan, website atau URL adalah sebagai rumah, dimana tamu dapat mengunjungi rumah kita berdasarkan alamat yang kita miliki. Situs web merupakan kumpulan dari beberapa halaman index yang didesain khusus.


PENULISAN ALAMAT
Sesuai dengan ketentuan didunia internet, alamat situs web atau URL sudah ditetapkan cara penulisannya, yaitu dimulai dengan nama protokol kemudian nama komputer, nama domain.

Contoh penulisan alamat web.
http ://www.umm.ac..id
Contoh diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:
http:// merupakan protocol untuk akses internet atau web
www merupakan nama mesin yang digunakan (World Wide Web) yang umum digunakan sebagai homepage sebuah institusi
umm.ac.id merupakan nama domain pada contoh ini

URL atau alamat Website yang terdapat di UMM:
http://www.umm.ac.id  alamat Website UMM universal
http: //home.umm.ac.id  alamat Website home UMM
http://fapetrik.umm.ac.id  alamat Website fapetrik UMM
http://lemlit.umm.ac.id  alamat Website lembaga penelitian UMM
http://digilib.umm.ac.id  alamat dari Website perpustakaan milik UMM
Setiap situs web pasti mempunyai halaman muka atau halaman index utama yang disebut homepage, dimana halaman tersebut akan berfungsi seperti layaknya sebuah sampul buku atau daftar isi dari buku tersebut. Homepage tersebut merupakan titik awal dari aktivitas kita untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan di dalam situs web tersebut. Pada homepage ini biasanya juga memberikan panduan yang mudah dan jelas dalam proses pencarian informasi, termasuk panduan untuk secepatnya kembali ke menu utama atau menu sebelumnya.








PENGENALAN BROWSER

Contoh tampilan Microsoft Internet Explorer Versi 6.0 (IE 6.0):










Gambar 1.1 Tampilan Browser Microsoft Internet Explorer

Keterangan :

 Title bar : mencantumkan nama dari situs yang dibrowsing
 Menu bar : mencantumkan menu-menu dari internet explorer
 Tool bar: mencantumkan alat-alat di dalam internet explorer. misal :
 Back : kembali ke halaman sebelumnya
 Frward : menuju ke halaman berikutnya
 Stop : membatalkan browsing
 Refresh : mengulang kembali browsing yang gagal dengan alamat yang sama
 Home : kembali ke tampilan pertama

 Address bar : tempat dimana alamat internet ditulis
 Status bar : mencantumkan status dan nama dari link





MEMULAI BROWSING

Langkah - langkah menjalankan browsing menggunakan browser Internet Explorer for Windows.
1. Klik tombol start  Program  Internet Explorer (lihat gambar berikut.)



Gambar 1. 2 Tampilan icon Microsoft Internet Explorer 6.0

2. Kemudian akan terlihat tampilan window baru seperti Gambar 1.3











Gambar 1.3 Tampilan Browser Microsoft Internet Explorer

3. Ketikkan alamat Web yang akan kita kunjungi pada kotak Address Bar kemudian klik tombol go atau tekan tombol Enter











Gambar 1.4 Tampilan Browser Microsoft Internet Explorer dan alamat website


Untuk menjelajah pada home page UMM, Anda dapat mengklik langsung salah satu link yang ada (ditandai dengan gambar tangan dan perubahan warna tulisan), missal : link Indonesia,Inglish,PIMNAS 19,Info Pendaftaran,Pendaftaran Online terlihat pada tampilan Gambar 1.5



Gambar 1.5 Tampilan Browser Microsoft Internet Explorer

4. Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat dilakukan dengan cara: klik file pada menu  new  window.


MENYIMPAN FILE DAN GAMBAR

Sebagaimana program – program aplikasi lain file - file atau gambar – gambar yang terdapat di website dapat disimpan kedalam Komputer kita. Preses menyimpan file atau gambar dapat dilakukan seperti berikut, yaitu :

• Cara menyimpan File
1. Buka website yang akan di simpan filenya
Misalnya website http://www.umm.ac.id/ID seperti Gambar 1.6





Gambar 1.6. Tampilan http://www.umm.ac.id/ID

Select atau blok bagian text yang akan disimpan misalnya akan menyimpan tulisan Selamat Datang di Universitas Muhammadiyah Malang Pada halaman website tersebut.
2. Klik kanan pada mouse anda, jika sudah muncul kotak dialog baru klik opsi Copy Seperti Gambar 1.7



Gambar 1.7 Tampilan proses menyimpan text dari Website

Kemudian anda bisa mem Paste di MS Word atau Note Pad serta menyimpannya seperti menyimpan file di MS Word
SEARCH ENGINE
Search engine atau mesin pencari adalah program database yang dapat mencari file-file yang terdapat di internet dan sekaligus memberikan informasi mengenai lokasinya. Search engine memiliki kemampuan untuk menghimpun file atau dokumen di internet dengan cara menghimpunnya secara otomatis dengan menggunakan spider atau dengan menerima pengguna internet yang mendaftarkan home page mereka.
Pada prinsipnya semua mesin pencari (Search Engine) mempunyai fungsi yang sama , yaitu mencari serta menampilkan semua halaman web dalam bentuk indek.
Saat ini banyak home page yang menyediakan layanan Search Engine yang dapat kita gunakan untuk mencari file atau dokumen di internet antara lain :
 Altavista http://www.altavista.com/
 Ask jeeves http://www.ask.com/
 Aol web search http://search.aol.com/
 Clusty http://clusty.com/
 Eosearch http://www.eosearch.com/
 Excite http://www.excite.com/
 Google http://www.google.com/
 Hotbot http://www.hotbot.com/
 Keeca http://www.keeca.com/
 Lycos http://www.lycos.com/
 Mooter http://www.mooter.com/
Dan masih banyak yang lainnya.
Search Engine Menggunakan Google
Sekitar tahun 2001, mesin pencari Google mulai banyak digunakan. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank Google. Setiap halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait, dari sebuah premis bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terkoneksi daripada yang lain. Rangking situs (The PageRank) dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi Rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang ditemukannya. User interface Google sangat disukai oleh pengguna, hal inilah yang membuat Google lebih banyak digunakan oleh pengguna internet.

Langkah-langkah menggunakan Google
1. Buka program Web Browser dalam hal ini Microsoft Internet Explorer seperti pada gambar 2.1

















2. Ketikkan alamat Search Engine google pada form address di Browser Internet Explorer seperti pada gambar 2.2, kemudian enter atau klik Go









3. Jika sudah terlihat tampilan seperti gambar 2.3, isikan kata kunci atau key word yang ingin dicari kemudian dilanjutkan dengan menekan enter atau meng-klik tombol google search.



















4. Tampilan dibawah merupakan salah satu daftar dari link yang telah berhasil ditemukan oleh mesin pencari Google dengan kata kunci universitas





















Melanjutkan Proses Penelusuran

Jika ingin masuk kedalam link-link yang telah ditemukan oleh mesin pencari tadi, dapat digunakan beberapa cara antara lain:

1. Pertama, dengan cara mengklik pada link nya, seperti gambar dibawah






















Gambar 2.5 Tampilan link pada mesin pencari Google


2. Kedua, dengan cara mengklik kanan link dan setelah keluar kotak dialog, pilih atau klik open in new window, seperti gambar 2.6 dibawah

















Gambar 2.6 Tampilan proses membuka link ke window baru
Dan masih banyak lagi keterangan – keterangan yang bervariasi dari penyedia layanan search engine (mesin pencari) tetapi pada dasarnya semuanya sama.

Keterangan :
Didalam search engine terdapat keterangan yang dapat digunakan sebagai referensi dalam menelusuri website yaitu:
Results  menunjukkan hasil dari pencarian didalam satu halamanyang telah dibuka misanya : dari gambar diatas terdapat keterangan Results 11 – 20 of about 226.000 (atau dapat dikatakan mesin pencari google telah menemukan sebanyak 226.000 link dan telah terbuka link ke 11 sampai ke 20 dihalaman website tersebut.
Results pages  menunjukkan halaman yang terdapat didalam search engine tersebut.
Previous  kembali satu halaman sebelumnya
Next  melanjutkan satu halaman sesudahnya

Tips menggunakan search engine atau mesin pencari

1. Gunakan mesin pencari yang tepat.
Ditengarai sebagian mesin pencari saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs mesin pencari yang kolaps, lantas tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Yahoo dan Google merupakan pilihan yang paling terpercaya

2. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum
Bayangkan, seberapa banyak hasil pencarian yang anda peroleh apabila anda hanya memasukkan kata kunci telescope dalam mesin pencari. Jelas berbeda dengan apabila anda menggunakan kata kunci berupa teleskop dari jenis ataupun merk tertentu.

3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas
Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga malahan mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci Short biography of astronomer Edwin Hubble akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Hubble biography. Juga perhatikan ejaan dari kata kunci yang anda masukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat membawa anda untuk memperoleh hasil yang jauh dari harapan.

4. Gunakan operator Boolean.
Kata kunci "AND", "OR", "NOT", dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Keyword Hubble AND biography NOT telescope akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Edwin Hubble dan menghindari masuknya halaman tentang teleskop antariksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian anda.

5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh
Beberapa mesin pencari mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci Hubble Space Telescope dengan "Hubble Space Telescope" akan memberikan keluaran yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip biasanya akan memberikan hasil yang lebih akurat. Penggunaan tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, misalnya "Hubble Space Telescope" AND launch.

6. Manfaatkan Direktori
beberapa mesin pencari menyediakan fasilitas direktori yang akan membawa anda ke topik-topik tertentu yang sudah diklasifikasikan sedemikian rupa untuk memudahkan proses pencarian. Mesin pencari yang menggunakan direktori antara lain adalah Yahoo, Lycos, dan Altavista. Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan Indonesia, disarankan untuk menggunakan direktori lokal Indonesia, misalnya Catcha, SearchIndonesia, Naver, atau Incari.

7. Manfaatkan fitur khusus dari mesin pencari anda
Beberapa mesin pencari tidak saja menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Sementara itu, mesin pencari semacam MetaCrawler mengirimkan perintah pencarian ke beberapa mesin pencari sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada mesin pencari favorit anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.

8. Gunakan fungsi "Find" pada browser anda
Ketika mesin pencari mengantarkan anda pada halaman tertentu, anda belum tentu langsung menemukan apa yang anda cari disana. Anggaplah upaya pencarian biografi Edwin Hubble yang anda lakukan membawa anda ke halaman Apa dan Siapa di bagian astronomi pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi "Find" [Ctrl-F] pada browser anda dan ketikkan Hubble. Nah, kini anda bisa membaca artikel tentang Edwin Hubble yang anda cari-cari itu.

9. Gunakan “filetype:…” untuk mencari jenis file yang diinginkan.
Untuk mencari sebuah artikel atau dokumen dengan jenis file tertentu maka kita dapat menambahkan perintah dibelakang keyword yang telah kita ketik yaitu dengan menambah “filetype:…(jenis file yang diinginkan)”. Misalkan kita ingin mencari file atau dokumen tentang Muhammadiyah dengan jenis file PDF, maka kita dapat mengetikkan keyword Muhammadiyah + filetype:pdf dan jika kita menginginkan file yang dimunculkan pada halaman mesin pencari hanya file yang berjenis DOC, maka kita dapat mengetikkan keyword Muhammadiyah + filetype:doc














E-Mail (Electronic Mail)

Electronic Mail adalah salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan di Internet. Hal ini karena E-Mail merupakan alat komunikasi yang cukup murah dan cepat. Dengan E mail kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke Internet di seluruh dunia. Konsep E mail adalah seperti kita mengirim surat dengan media pos biasa.
E-Mail sekarang didukung oleh 3 jenis protokol internet, yaitu Post Office Protocol yang disebut juga sebagai POP, Internet Mail Access Protocol disebut juga IMAP, dan yang ketiga adalah Simple Mail Transfer Protocol yg disebut SMTP. Dari tiga jenis protokol internet ini, menurut majalah digital dari asiacomputerweekly (http://www.asiacomputerweekly.com) email yang menggunakan protokol internet dari situs web itu sendiri yang disebut sebagai webmail akan mendominasi pangsa pasar.
SEJARAH E-MAIL
Penggunaan e-mail sudah dimulai lebih dari tiga puluh tahun yang lalu, dengan bentuk pesan yang sederhana yang dikirim dalam jarinagn kecil. Dalam perkembangannya, pesan yang sederhana tersebut telah memprakarsai suatu revolusi dalam sejarah komunikai masyarakat di dunia. Pesan tersebut kini dikenal sebagai E-mail atau surat elektronik yang dikirim dari suatu komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan. Pesan pertama dalam bentuk E-mail yang sederhana ini dirancang oleh seorang ilmuan yang bernama Ray Tomlinson dari BBN Technologies.
Pada tahun 2000, jumlah pengguna E-Mail di seluruh dunia sebesar 505 juta dan diperkirakan akan meningkat sekitar 150% ditahun 2007, yaitu sejumlah 2,1 milyar. Hal ini telah diberitakan oleh para analis industri dari salah satu perusahaan riset dan teknologi dari AS Jupiter Media Metrix.
Sebagai gambaran, seperti yang diungkapkan Forrester Research bahwa prosentase konsumen dalam menggunakan teknologi komunikasi tiap hari mununjukkan bahwa e-mail berada di urutan kedua setelah pengguna telepon dengan lama 29 menit. Pengguna telepon tiap hari adalah 45 menit, sedangkan penggunaan ponsel berada diurutan ketiga setelah e-mail dengan lama 16 menit per hari.
Menurut IDC juga menyatakan bahwa lalu lintas e-mail rata-rata per hari di tahun 2007 diperkirakan akan meningkat menjadi 36 milyar di seluruh dunia. Hal ini tentunya dikontribusi oleh situs web yang menawarkan e-mail gratis kepada para pengunjungnya, demikian berita ini dikeluarkan oleh situs emarkuter.com.
Dalam perkembangan e-mail, keberadaan web mail akan memberikan kontribusi terbesar dalam lalulintas e-mail per hari. Untuk masa depan, tentunya ini didukung oleh booming internet yang berjalan terus menerus, khususnya dengan tersedianya Top Level Domain (TLD) yang baru seperti .info, .biz, dan .pro. Menurut artikel yang diterbitkan oleh ZDNET tanggal 2 Juli 2005, para panelis Industri memprediksi bahwa 15 juta domain dengan menggunakan akhiran .biz akan terdaftar di seluruh dunia, selain itu, perkembangan e-mail juga didukung dari sisi teknologi yang berfungsi sebagai email viewer, dan perusahaan teknologi industri telah mempersiapkan peralatan yang berfungsi sebagai pembaca dan pengirim email.bergerak seperti PDA, Win Le, Palm, dan Psion.
Dengan email, data akan dikirim secara elektronik sehingga sampai ditujuan dengan sangat cepat. Selain itu, kita juga dapat mengirim file-file berupa program, gambar, graph dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim kepada lebih dari satu orang sekaligus pada waktu yang bersamaan. Ada banyak penyedia layanan email gratis dewasa ini, diantaranya adalah yahoo, Eudora, lycos, plasa, telkom dan masih banyak lagi yang lain. Kita dapat memanfaatkan dari sekian banyak free mail tersebut sesuai dengan keperluan kita.

BAGIAN -BAGIAN EMAIL
Email pada dasarnya di bagi atas 3 bagian utama yaitu Header, Body dan Signature.
Header, merupakan pesan e-mail yang digunakan oleh program e-mail dan terdiri dari beberapa “fields”, yaitu :
- from berisi alamat pengirim e-mail
- to berisi alamat penerima e-mail
- date berisi hari,tanggal dan jam pengiriman pesan
- message id berisi id yang digunakan oleh program e-mail
- subject berisi pokok dari pesan e-mail

Body, merupakan bagian e-mail yang berisi pesan-pesan yang ditulis oleh pengirim
Signature, atau Tanda tangan dapat berupa gambar dari simbol karakter ASCII, nama dan alamat serta nomor telepon atau fax pengirim email
Dalam pembahasan ini kita akan belajar membuat atau mendaftar dan menjalankan email. Sebagai contoh saja kita akan menggunakan fasilitas Webmail yang disediakan oleh sumber daya internet kampus UMM kita yaitu http://webmail.umm.ac.id
Sebelum kita dapat menggunakan fasilitas di E-mail yang ada di webmail terlebih dahulu kita harus memiliki account di webmail dengan cara mendaftar terlebih dahulu. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

WEBMAIL UMM
Mendaftar E-Mail
• Jalankan Program Aplikasi Internet Explorer dengan cara mengKlik browser Internet Explorer di desktop Komputer anda seperti bab-bab sebelumnya.
• Ketik alamat yang dinginkan yaitu webmail.umm.ac.id



Gambar 3.1. Tampilan address webmail.umm.ac.id

• Jika tampilan sudah sempurna seperti gambar berikut klik Daftar Baru

Gambar 3.2. Tampilan form pendaftaran webmail.umm.ac.id
• Jika tampilan berikutnya sudah terbuka anda dapat mengisi formulir yang telah tersedia. Seperti Gambar 3.3








Gambar 3.3. Tampilan form biodata webmail.umm.ac.id
• Jika form biodata pendaftaran sudah terisi semuanya, dapat dilanjutkan dengan mengklik tombol daftar Daftar
MEMBUKA EMAIL
Gambar 3.4 adalah tanda bahwa kita telah berhasil dalam mengisikan formulir berarti kita telah berhak atas 1 email di webmail.umm.ac.id dan kita dapat lanjutkan proses berikutnya








Gambar 3.4. Tampilan form login webmail.umm.ac.id
ketiklah User ID atau identitas pribadi yang sudah anda buat di form pendaftaran dan isikan Password atau kata kunci dalam folmulir dengan benar. Setelah itu klik Login.
Jika proses login sudah berhasil kita dapat melanjutkan proses berikutnya. Dan akan muncul halaman baru seperti berikut :




Gambar 3.5. Tampilan isi dari webmail.umm.ac.id
• Setelah tampilan sempurna klik Check E-mail








Gambar 3.6. Tampilan Inbox webmail.umm.ac.id
• Jika kita ingin melihat surat yang masuk kita dapat mengklik Inbox








Gambar 3.7. Tampilan isi dari Inbox webmail.umm.ac.id
• Klik subject E-mail yang ada pada inbox jika ingin melihat isi dari surat yang masuk.








Gambar 3.8. Tampilan isi pesan yang sudah masuk di webmail.umm.ac.id
MENGIRIM EMAIL
Sebagaimana layaknya media pengiriman dan penerima surat email dapat digunakan untuk mengirimkan surat ke tujuan yang kita kehendaki. Proses pengiriman surat tersebut dapat kita lihat seperti dibawah ini .
• Seperti uraian sebelumnya buka email anda yang telah terdaftar. Kemudian Klik Compose dan hasilnya dapat anda lihat seperti gambar dibawah :















Gambar 3.9. Tampilan Compose webmail.umm.ac.id

• Isi masing–masing form mulai dari
- To : email yang akan dituju
- Cc : copy carbon mengirim lebih dari satu tujuan
- Bcc : blank copy carbon mengirim lebih dari satu tujuan namun tidak di munculkan pada si penerima,siapa aja yg ada di bcc
- Replay : megirim dengan menyertakan isi file email pengrim
- Subject : judul dari isi email
- Message : isi pesan yang akan di tulis












Gambar 3.10. Tampilan isi dari Compose webmail.umm.ac.id
• Kemudian Klik tombol Send untuk mengirim surat.
MENGIRIM E-MAIL PLUS LAMPIRAN (Attachments)
• Klik Compose
• Lakukan seperti pengisian form diatas.
• Jika tidak ingin tembusan maka Form Cc dan Bcc dapat dikosongkan.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.













Gambar 3.11. Tampilan isi dari Compose webmail.umm.ac.id

• Kemudian Klik attachments
• Hasilnya dapat kita lihat seperti gambar 3.12







Gambar 3.12. Tampilan Form Attachment webmail.umm.ac.id
• Kemudian Klik Browse untuk mencari file yang akan dilampirkan. Misalnya ingin melampirkan pict. (picture)atau foto.








Gambar 3.13. Tampilan file-file yang akan di attachment
• Jika sudah menemukan file yang ingin kita lampirkan kita dapat melanjutkan dengan mengklik tombol open di kotak choose file
• Dan hasilnya dapat dilihat seperti Gambar 3.14








Gambar 3.14. Tampilan nama file yang sudah dipilh untuk di attachment kan
• Jika kita sudah yakin dengan lampirannya kita dapat melanjutkan proses pengiriman surat tersebut dengan mengklik send
















Chatting

IRC (Internet Relay Chat) atau sering disebut dengan chat atau chatting adalah salah satu layanan (feature) dalam internet yang berfungsi sebagai forum diskusi online para pengguna internet dengan menggunakan tulisan sebagai alat untuk berdiskusi. IRC ini menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia, IRC terdiri dari bermacam-macam jaringan server IRC (mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC). Para pengguna memiliki suatu program (yang disebut ‘client’) untuk menghubungkan mereka dengan suatu server dari salah satu jaringan IRC tersebut. Server-server ini yang akan mengirimkan informasi dari satu server ke server yang lain dalam jaringan yang sama.
Banyak sekali Program aplikasi internet yang mendukung Chatting antara lain: mIRC, Yahoo Messagers, MSN, AIM, ICQ, TurboIRC, jabber, GTalk dan sebagainya. Ada juga situs web yang menyediakan layanan chatting dengan menggunakan fasilitas browser yaitu meebo (http://www.meebo.com).

Chatting Menggunakan mIRC

mIRC adalah sebuah program klien IRC yang digunakan untuk chatting yang di buat oleh Khaled Mardam-Bey.















Langkah-langkah menggunakan mIRC
1. Klik tombol Start  Program  mIRC  mIRC atau klik dua kali icon mIRC yang ada di Dekstop computer, maka akan keluar tampilan seperti gambar 4.2



2. Klik tombol add untuk menambahkan irc server yang akan kita pakai dalam chatting sehingga muncul tampilan seperti pada gambar 4.3


Keterangan :
- Description : inisialisai atau pemberian nama server misal : umm, telkom, plasa dll.
- IRC Server : Alamat IRC server, missal : irc.umm.ac.id, irc.telkom.net.id, irc.plasa.com dll.
- Ports : port yang digunakan oleh server IRC
Jika sudah berhasil menambahkan server selanjutnya isi form yang terdapat pada mIRC Option (lihat gambar 4.2).
- Full Name : isi nama lengkap anda, misalnya :Taufikurrahman
- Email Address : isi email anda, misalnya : taufiq@umm.ac.id
- Nickname : isi nama panggilan, misalnya pinokio
- Alternative : isi alternatif Nick anda ( digunakan jika Nickname anda sudah dipakai oleh orang lain, Alternatifname harus berbeda dengan Nick), misalnya : P1n0k1o
3. Kemudian klik tombol Connect to irc server .tunggu sampai muncul window seperti gambar 4.4




4. kemudian akan muncul window mIRC Channes Folder seperti gambar 4.5




Pilih salah satu channel yang tersedia atau kita bisa membuat room sendiri dengan cara menulis nama channel yang akan kita pakai pada kotak form channel. misalnya : #umm, kemudian enter atau klik join.
5. tunggu sampai anda masuk ke channel yang kita buat atau masuki tadi yaitu umm sampai muncul window channel umm seperti pada gambar 4.6















akan terlihat pada window channel umm nick atau orang yang sedang bergabung di chanel malang,

Keterangan :
a. orang yang sedang ngobrol dengan kita
b. nick orang-orang yang masuk ke channel umm
c. form tempat menulis pesan pada semua nick yang tergabung dalam channel
Untuk berbicara atau ngobrol dengan satu orang saja dapat mengklik dua kali pada nick yang akan kita ajak ngobrol seperti pada gambar 4.7, selanjutnya sama dengan ngobrol di channel umm










Chatting lewat Yahoo Messenger

Seperti halnya mIRC, Yahoo Messenger adalah salah satu program client IRC yang di sediakan oleh Yahoo, untuk dapat menggunakan Yahoo Messenger terlebih dahulu harus punya ID atau Email di Yahoo (http://www.yahoo.com). banyak kelebihan yang dimiliki Yahoo Messenger dibandingkan dengan program IRC lainya antara lain adalah :
• dapat menyimpan ID orang lain.
• Dapat mengirim File atau Dokumen langsung lewat window chatting.
• Tampilan visualnya lebih interaktif
• Bisa voise chatting atau ngobrol langsung dengan suara.
• Bisa liat video lawan ngobrol dengan web camera
• Kirim sms dan sebagainya.

Langkah-langkah menggunakan Yahoo Messenger
1. klik dua kali icon yang ada di desktop computer atau klik Start  Program  Yahoo! Messenger  Yahoo! Messenger. Tunggu sampai muncul tampilan sepert gambar 4.8.




















2. Isi Form Yahoo! ID dengan nama Email anda di yahoo, misalnya email anda taufik_upi@yahoo.com maka cukup di tulis taufik_upi dan masukkan password anda di form Password. Kemudian tekan enter atau klik sign in.






















Keterangan :
• Remember my ID & Password : ID dan Password akan disimpan dan ditampilkan secara otomatis saat anda akan menggunakan Yahoo Messenger dilain waktu.
• Automatically sign in : yahoo messenger akan otomatis login ketika komputer dinyalakan.
• Sign in as invisible : login tanpa diketahui orang lain.


3. Tunggu sampai muncul tampilan seperti gambar 4.10.



Pada gambar 4.10 tampilan setelah login di yahoo messenger terlihat list nick yang sudah disimpan oleh taufik_upi, jika anda pertama kali menggunakan Yahoo Messenger maka tidak akan ada list nick yang tersimpan di address book anda. Untuk mulai mencari teman ngobrol ikuti langkah berikut :
• Klik menu Messenger Yahoo! ChatJoin a Room sampai keluar tampilan room seperti gambar 4.11.
• Pada window Categories, klik tada plus (+) di samping Regionalklik Indonesia.
• pada window yahoo! Room (samping kanan) klik channel kota dimana kita akan bergabung misalnya channel bali, lihat gambar 4.12. kemudian klik salah satu channel bali maka akan muncul daftar nick orang yang tergabung dalam channel bali seperti pada gambar 4.13.
• sepeti pada mIRC untuk ngobrol dengan salah satu nick silahkan klik dua kali nick yang akan diajak ngobrol.









































































MANAJEMEN ADMINISTRASI AKADEMIK

Langkah-langkah :
1. Buka dengan internet Explorer, ketik pada kotak alamat : http://krs-online.umm.ac.id/
Akan tampil seperti gambar 5.1












Gambar 5.1 Tampilan awal KRS-Online

2. Pada halaman ini anda di minta untuk memasukkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan Kode Acak (yang di dapatkan dari petugas), kemudian tekan enter pada keyboard atau klik tombol “Masuk”.
3. Setelah itu akan tampil form login seperti gambar 5.2


Pada tampilan ini anda di minta untuk memasukkan alamat terakhir anda di Malang. Kemudian tekan enter pada keyboard atau klik tombol “Masuk”.
4. Pada halaman seperti gambar 5.3 akan di tampilkan Mata kuliah yang disajikan untuk semester ini.


Gambar 5.3 Form sajian mata kuliah


Selanjutnya isi form sajian mata kuliah sesuai dengan pilihan mata kuliah yang deprogram pada kuliah semester depan, dengan cara memberikan tanda centang () pada salah satu sajian mata kuliah seperti pada gambar 5.4.













Gambar 5.4 form sajian mata kuliah yang telah di isi

















Bila tampilan telah di isi dengan benar, klik tombol “Proses” :



Gambar 5.5 Konfirmasi kebenaran sajian mata kuliah yang diambil

Bila anda yakin dengan pilihan anda, tekan “OK” pada kotak peringatan.








5. Selanjutnya akan tampil matakuliah yang akan anda tempuh :
















Gambar 5.6 Konfirma mata kuliah yang di ambil

Pada tampilan ini anda ditunjukkan pada SKS yang berhak anda ambil berdasarkan IP yang telah anda peroleh pada semester lalu.
Bila pilihan di rasa sudah benar klik tombol “Ya”. Akan tampil peringatan kembali untuk meyakinkan pilihan anda, bila anda tidak yakin klik tombol “Cancel” dan bila anda yakin klik tombol “OK”.

6. Anda telah selesai melakukan pengisian KRS secara ONLINE dengan hasil sebagai berikut :

























Gambar 5.7 Printout mata kuliah yang akan diambil






DIGITAL LIBRARY (DIGILIB)

Dalam memberikan informasi yang lebih kepada mahasiswa, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Indonesian Digital Library (IDLN) yang didalamnya tergabung berbagai institusi baik pendidikan, pemerintah dan swasta membuat suatu sistem perpustakaan Online yang disebut Digital Library. Berikut ini langkah-langkah penggunaan Digital Library Universitas Muhammadiyah Malang.

1. Pada browser ketik alamat http://digilib.umm.ac.id muncul tampilan seperti gambar 6.1.




















Gambar 6.1 Tampilan awal Digital Library UMM





2. Untuk dapat mengakses Digilib harus mendaftar terlebih dahulu dengan cara klik register pada menu bar, untuk lebih detailnya bisa dilihat pada gambar 6.2 berikut ini:










Gambar 6.2 menu untuk registrasi

3. Kemudian isi Register Form, isilah dengan benar form tersebut, email yang di gunakan nantinya akan menjadi accound ketika Login dan Ingat selalu password yang anda gunakan. Jika sudah klik Submit



















Gambar 6.3 form registrasi

4. Jika sudah selesai, akan muncul tampilan seperti gambar 6.4 berikut,






Gambar 6.4 konfirmasi registrasi

5. Proses berikutnya aktivasi account yang sudah kita buat seperti gambar 6.5










Gambar 6.5 aktivasi account

6. Setelah proses aktivasi account berhasil,account bisa kita gunakan.










Gambar 6.6 login dengan account yang sudah di buat




Jika anda Sudah login maka pada menu Bar terdapat Tulisan “ Selamat Datang……..”










Gambar 6.7 menu utama digital library

7. Pencarian Dokumen
A. Dengan Cara Manual
Cara manual adalah salah satu pencarian yang di gunakan apabila kita sudah mengetahui letak dokumen tersebut berada, tetapi jika tidah tahu maka kita gunakan search engine .

1.kita pilih salah satu folder yang ada.seperti pada gambar 6.8












Gambar 6.8 menu folder pilihan





2.tampilan berikutnya adalah menu dalam folder yang kita plih tadi
seperti pada gambar 6.9















Gambar 6.9 isi folder yang kita pilih

3. setelah itu kita pilih file yang inginkan.akan muncul isi dari file yang kita pilih















Gambar 6.10 isi file yang sudah kita pilih


B. Menggunakan Search Enggine
Untuk pencarian menggunakan search engine,kita masukkan keyword pada kotak pencarian , kemudian tekan search, maka akan diperoleh tampilan sebagai berikut :



















Gambar 6.11 Menggunakan Search Engine pada digilib

Untuk proses selanjutnya sama seperti proses pencarian secara manual di atas ( gambar 6.9 – 6.10 ).









Daftar Pustaka

1. http://www.apjii.or.id
2. http://www.google.or.id
3. http://www.telkom.net
4. http://www.intikamedia.com
5. http://www.ilmukomputer.com
6. http://www.detikinet.com
7. http://www.komputasi.lipi.go.id
8. Team, Buku Panduan Pelatihan Aplikasi Internet UMM, 2004, Panitia Pelatihan, Malang







© Copyrights. Panitia Pelatihan Aplikasi Internet 2006 UMM





























Team Penyusun

Arif Yuni Ismanto. ST
Hanifatul Umamah
Muhadi Sucipto
Taufikurrahman
Teguh Fitriono















© Copyrights. Panitia Pelatihan Aplikasi Internet 2006 UMM