Selamat Datang di X3-PRIMA, Melayani Setulus Hati, Memberikan yang terbaik

13.8.09

Kunjungan Ke Yakult

Sebuah Catatan

Oleh : Hendrayana Taufik

Kunjungan Ke PT. Yakult Sukabumi

Seminggu yang lalu, hari Kamis tanggal 12 Maret 2009, Mahasiswa Universitas Al-Ghifari telah mengadakan Kunjungan Ke PT. Yakult di Sukabumi, dengan tema: “Meningkatkan Softskill Mahasiswa Sebagai Nilai Tambah (Added Value) Kualitas Intelegensi di Era Globalisasi”.

Acara kunjungan ini diikuti 103 Mahasiswa dan 10 Dosen Pembimbing perwakilan dari tiap Program Studi Universitas Al-Ghifari Bandung. Dengan Menggunakan 2 buah bus kapasitas 59 seats, Kami akhirnya bisa tiba di PT. Yakult tepat waktu, pukul 11.00 WIB sesuai agenda acara.

Penyambutan di Pabrik PT. Yakult sangatlah baik, ketika masuk ke PT. Yakult kami disambut dengan senyum sapa manis dan salam yang ramah. Meskipun telah melakukan perjalanan jauh, menjadi amatlah tidak terasa lelah karena mendapatkan kenyamanan dalam melakukan kunjungan ini.

Kami lalu diajak menuju ruangan Audioroom, disana kami dibagi atas dua kelompok, dan dibagikan satu Yakult. Acarapun dimulai dengan Pengenalan PT. Yakult, kami bisa mendapatkan informasi, mulai dari Sejarah PT. Yakult dan Pendirinya, Proses Pembuatan, Penyimpanan Yakult, Manfaat Yakult, Marketing, Birokrasi dan banyak lagi informasi lainnya. Kami juga disuguhi pemutaran slide dan beberapa penjelasan bahan baku pembuatan Yakult. Setelah itu, kami diajak untuk melihat Proses Pembuatan Yakult secara langsung, dan melihat mesin-mesin produksinya yang menggunakan Teknologi Super canggih.

Ruangan Produksi Pembuatan Yakult sangat bersih, higienis, dan Steril. Sanitasi dan Keamanan nya sangatlah baik. Beberapa Mesin dan Proses dalam pembuatan Yakult di Ruang Produksi yang kami temui, yaitu diantaranya:

1. Tangki pelarutan

2. Tangki pembibitan

3. Tangki fermentasi

4. Proses homogenizer

5. Tangki pencampur

6. Tangki penampung

7. Mesin pembuat botol

8. Mesin pengisian

9. Mesin pengepakan

10. Ruang pendingin

11. Distribusi

Setelah berkeliling-keliling melihat Proses pembuatan Yakult, Kami kembali menuju ruangan audioroom, disana kami diberi lagi 2 botol yakult dan sebuah snack. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan sesi ”tanya jawab”, PT. Yakult memberikan kesempatan kepada kita untuk bertanya apapun tentang informasi yang belum kami ketahui tentang yakult, lebih dari tujuh mahasiswa perwakilan tiap-tiap Program Studi di Universitas Al-Ghifari memberikan pertanyaan dalam tiga sesi. Pertanyaanpun lalu dijawab dengan jelas, baik dan terperinci. Setelah sesi pertanyaan, kami melakukan persiapan pulang. Sebelum pulang, ada penyampaian kesan dan pesan dari pihak Universitas Al-Ghifari, juga pemberian Plakat Penghargaan untuk PT. Yakult.

Pulang dari Yakult, kami dibekali Notebook Yakult kecil dan foto-foto bersama, kepulangan kami diantar dengan senyuman ramah. PT. Yakult Sukabumi mempersilahkan kembali, bila suatu saat kita ingin berkunjung lagi ke Pabriknya. Semoga dari Kegiatan ini kita banyak mengambil hikmahnya. Amin.


Yakult

Yakult adalah minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain.

Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain

Pada tahun 1930, almarhum Dr. Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, telah berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang bersifat paling tahan terhadap cairan pencernaan.

Dr. Minoru Shirota

Di samping itu, Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi strain baru yang unggul. Karena itu, berbeda dengan bakteri lain, bakteri ini dapat menaklukkan berbagai hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia.

Dari dalam usus bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengaktifkan sel-sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, dan mengurangi jumlah bakteri yang merugikan.

Botol Pertama Yakult

Dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup kedalam usus kita.
Usus kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kesehatan usus.

Manfaat Yakult adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu bakteri ini dapat memberikan manfaat seperti:

1. Mencegah gangguan pencernaan

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

3. Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus

4. Mengurangi racun dalam usus

5. Membatasi jumlah bakteri yang merugikan dalam usus.

Yakult adalah probiotik. Sejarah peningkatan kesehatan melalui probiotik. Probiotik berasal dari kata probios,yang dalam ilmu biologi berarti untuk kehidupan.

Probiotik adalah pangan mengandung mikroorganisme hidup yang secara aktif meningkatkan kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan flora usus jika dikonsumsi dalam keadaan hidup dalam jumlah yang memadai (Fuller, 1989).

Diabad 20 ilmu kedokteran mencatat perkembangan yang penting dengan ditemukannya antibiotik. Tetapi ternyata abad ini juga ditandai dengan masalah-masalah penyakit kanker, jantung dan diabetes. Dengan kata lain bahwa penyakit penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan tetapi lebih melalui perbaikan gaya hidup. Hal ini menjadikan abad 21 sebuah abad dimana pengobatan preventif menjadi fokus perhatian.

Oleh karena itu untuk dapat disebut probiotik, bakteri harus mempunyai persyaratan sbb:
1. Terbukti aman bagi manusia.

2. Dapat mencapai usus dalam keadaan hidup

3. Terbukti bermanfaat

Bakteri Yakult terbukti memenuhi persyaratan tersebut melalui berbagai riset.

Karena komitmennya terhadap bidang pengobatan preventif, Dr. Minoru Shirota berusaha meneliti pemanfaatan mikroorganisme untuk mencegah penyakit di laboratorium mikrobiologi Kyoto Imperial University, School of Medicine.

Pada tahun 1930, usaha keras ini menjadikannya orang pertama di dunia yang berhasil menciptakan strain baru Lactobacillus casei yang unggul, dapat melewati asam lambung dan cairan empedu, mampu mencapai usus dalam keadaan hidup sehingga bermanfaat untuk mencegah gangguan kesehatan. Bakteri ini dinamakan Lactobacillus casei Shirota strain. Meski saat itu ilmu pengobatan preventif kurang menjadi perhatian para ahli kesehatan, tetapi Dr. Shirota selalu menekankan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, beliau juga menyampaikan ide mencegah gangguan pencernaan dan menjaga usus tetap sehat adalah kunci menuju hidup sehat dan panjang umur.

Setelah sukses dengan penemuannya, Dr. Shirota menciptakan minuman susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei Shirota strain hidup yang dinamakan Yakult.

Dr. Shirota bercita-cita agar manfaat Yakult dapat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia. Karena itu selain dibuat dengan harga terjangkau, sejak tahun 1964 Yakult mulai diproduksi dan dipasarkan di Taiwan, kemudian negara Asia lainnya, Australia dan dipasarkan di Eropa tahun 1990-an.

Walaupun awalnya hanya dipandang sebelah mata oleh para ahli di Eropa, tetapi setelah manfaatnya dapat dirasakan, perhatian terhadap Lactobacillus casei Shirota strain meningkat. Istilah probiotikpun menjadi populer terutama setelah media masa tertarik oleh hasil penelitian kerjasama antara Yakult dengan universitas-universitas di Eropa.

Sejak saat itu dunia kesehatanpun berpaling ke konsep pencegahan penyakit melalui konsumsi probiotik secara teratur dan peningkatan kesehatan dengan probiotik dilakukan setiap hari oleh 25 juta orang di 27 negara diseluruh dunia.

Yakult adalah minuman susu fermentasi yang baik untuk kesehatan. Satu botol Yakult berisi lebih dari 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup.

Pembuatan Yakult

Yakult dibuat dengan cara memfermentasi campuran susu bubuk skim dan glukosa menggunakan bakteri Lactobacillus casei Shirota strain, bakteri unggul hasil seleksi dan temuan Dr. Minoru Shirota yang diteruskan sampai saat ini oleh Yakult Central Institute for Microbiological Research.

Yakult dibuat dari bahan-bahan:

1. Bakteri lactobacillus casei shirota strain hidup

2. Susu bubuk skim

3. Sukrosa dan glukosa.

4. Perisa

5. Air

Penyimpanan Yakult

Yakult harus selalu disimpan pada suhu dibawah 10°C karena pada kondisi tersebut bakteri Yakult tidak aktif sehingga kualitas Yakult dapat dipertahankan terjaga. Penyimpanan pada suhu diatas 10°C akan mengakibatkan turunnya kualitas karena bakteri Yakult aktif, menghasilkan asam laktat yang menyebabkan Yakult menjadi asam dan jumlah bakteri hidupnya akan menurun.

Yakult tidak memakai bahan pengawet. Yakult dapat bertahan sejak pembuatannya sampai dengan tanggal kadaluwarsanya karena:

Ø Asam laktat yang dihasilkan secara alami selama proses fermentasi dapat memperpanjang umur simpannya.

Ø Pembuatannya secara hygienis

Ø Penyimpanannya pada suhu dibawah 10°c

Manfaat Yakult

Yakult bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kita karena dapat membantu:

Ø Mencegah gangguan pencernaan termasuk memudahkan buang air besar dan mencegah diare.

Ø Meningkatkan kekebalan tubuh.

Ø Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus.

Ø Mengurangi racun dalam usus.

Ø Membatasi jumlah bakteri yang merugikan.

Konsumsi Yakult

Yakult dapat diminum setiap hari, kapan saja. Sebagian besar orang lebih suka minum Yakult pada saat atau setelah makan. Disarankan satu botol setiap hari untuk menikmati manfaat Yakult karena dalam 1 ml Yakult terdapat lebih dari 100 juta bakteri Lactobacillus casei Shirota strain. Tentu saja Yakult aman diminum lebih dari satu botol sehari dan dapat lebih efektif untuk menciptakan flora usus yang didominasi oleh bakteri yang berguna.

Yakult harus diminum setiap hari karena pemasukan bakteri Yakult secara rutin setiap hari dapat memelihara bakteri berguna dan menjaga usus tetap sehat. Pada saat anda sehat, keseimbangan bakteri usus terjaga dengan baik. Tetapi setiap saat keseimbangan ini dapat terganggu karena menu makanan yang kurang seimbang, stress atau obat-obatan, sehingga muncul masalah serius seperti diare, dll.

Bakteri Yakult tidak ada yang bisa menetap dalam usus kita. Bakteri hanya tinggal sementara dalam usus dan dikeluarkan setelah jangka waktu tertentu. Demikian pula dengan bakteri Yakult. Setelah mencapai usus dalam keadaan hidup, bakteri Yakult akan berkembang biak sehingga dapat memainkan berbagai peran yang bermanfaat sampai kemudian dikeluarkan melalui buang air besar. Karena itu penting untuk mengkonsumsi Yakult ini setiap hari agar selalu terdapat bakteri bermanfaat dalam jumlah yang cukup yang membuat pencernaan kita senantiasa sehat. Yakult bisa diberikan kepada bayi ketika baru berumur beberapa bulan. Pemberian dapat dimulai dengan mengencerkan satu bagian Yakult dengan dua bagian air hangat. Gunakan sendok untuk menyuapi karena pemberian dengan botol tidak direkomendasikan ditinjau dari sudut pandang hygienisnya. Perlu diingat bahwa tujuan pemberian Yakult adalah mensuplai Lactobacillus casei Shirota strain, bukan mengganti air susu ibu atau susu formula. Karena itu jangan sampai pemberian Yakult mengganggu kecukupan gizinya.

Warna khas Yakult didapatkan secara alami dari pemanasan campuran susu bubuk skim dan glukosa. Ini adalah reaksi antara asam amino dalam susu bubuk skim dan karbonil dalam glukosa yang menyebabkan Yakult berwarna coklat muda. Dalam ilmu kimia ini dinamakan reaksi Maylard atau reaksi amino karbonil. Warna coklat muda kue dan roti berasal dari jenis reaksi yang sama. Konsumsi bakteri Lactobacillus casei Shirota strain dalam Yakult efektif dalam menormalkan bakteri usus pasien yang mendapat perawatan antibiotik dalam waktu yang panjang. Pengobatan dengan antibiotik dalam waktu yang panjang dapat menekan bahkan memusnahkan sebagian besar bakteri berguna, menciptakan suatu kondisi dimana bakteri yang merugikan menjadi lebih dominan. Sebagai hasilnya, bakteri patogen atau bakteri merugikan menjadi dominan dan menyebabkan infeksi tahap kedua. Hal ini juga dapat menyebabkan gejala-gejala yang menyulitkan termasuk diare. Bakteri Yakult dapat memainkan peran yang penting dalam mengontrol keseimbangan bakteri usus selama dan sesudah terapi antibiotik.

Proses Tahapan Pembuatan Yakult

1. Tangki pelarutan

Bahan-bahan utama yaitu susu bubuk skim dan glukosa dicampur dengan air dan ditampung dalam tangki pelarutan.

2. Tangki pembibitan

Dalam tangki ini bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain disiapkan dan dikembangbiakkan.




3. Tangki fermentasi

Selanjutnya bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain dicampu dengan campuran bahan-bahan di no. 1 diatas dan dimasukkan kedalam tangki fermentasi.




4. Proses homogenizer

Tahap berikutnya dilakukan proses Homogenizer dan diawasi secara ketat.



Proses quality kontrol yang ketat

5. Tangki pencampur

Hasil proses homogenizer tersebut dicampur dengan sirup dari tangki sirup dan disimpan dalam tangki pencampur.

6. Tangki penampung

Kemudian hasil dari proses no. 4 tersebut dicampur dengan air yang sudah di sterilisasi dan ditampung didalam tangki penampung.

7. Mesin pembuat botol

Untuk menjaga higienitas dari Yakult, maka proses pembuatan botol dilakukan sendiri oleh Yakult Indonesia.

8. Mesin pengisian

Selanjutnya minuman Yakult sudah siap diisi ke dalam botol. Di botol tersebut juga dicetak semua informasi yang ada seperti kandungan nutrisi, tanggal kadaluwarsa, dll.


9. Mesin pengepakan

Botol-botol yang sudah terisi untuk selanjutnya dikemas dalam kemasan dimana 1 kemasan (packing) terdiri dari 5 botol Yakult.

10. Ruang pendingin

Kemasan yang berisi botol Yakult disimpan dalam ruang pendingin untuk menjamin kualitas dari minuman kesehatan Yakult.

11. Distribusi

Dari ruang pendingin tersebut selanjutnya Yakult siap didistribusikan ke pelanggan melalui sistem penjualan langsung ( Direct Sales ) untuk dikirim ke toko-toko dan supermarket maupun melalui sistem penjualan oleh Ibu-ibu Yakult Lady untuk dikirim ke rumah-rumah setiap hari.

Penulis :

Hendrayana Taufik

Sumber : Materi Seminar Kunjungan PT. Yakult Sukabumi

www.yakult.co.id, www.google.com dan www.yahoo.co.id