Selamat Datang di X3-PRIMA, Melayani Setulus Hati, Memberikan yang terbaik

14.8.09

Akuntasi Keuangan

AKUNTANSI KEUANGAN
Akuntansi keuangan sebagai bagian dari akuntansi yang berkaitan erat terhadap persiapan laporan keuangan untuk pihak eksternal, seperti kreditor, pemasok, pemegang saham, kreditor, serta dirjen pajak.
Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aktiva = Kewajiban + Modal). Laporan yang disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau dipakai manajer sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham.
Hal penting dari akuntansi keuangan adalah adanya Standar Akuntansi Keuangan (SAK/PSAK) yang merupakan aturan-aturan yang harus digunakan didalam pengukuran dan penyajian laporan keuangan untuk kepentingan eksternal. Dengan demikian, diharapkan pemakai dan penyusun laporan keuangan dapat berkomunikasi melalui laporan keuangan ini, sebab mereka menggunakan acuan yang sama yaitu SAK.
LAPORAN KEUANGAN
Pada umumnya laporan keuangan terdiri dari laporan rugi / laba (ikhtisar rugi / laba), neraca, laporan perubahan modal ( equitas ), dan laporan arus kas (cash flow).
Cara penyajian laporan keuangan bisa bervariasi namun tetap harus sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang di tetapkan dalam SAK. Sedangkan untuk laporan keuangan yang lengkap menurut SAK harus terdapat catatan atas pos-pos dalam laporan keuangan ( Pos-pos Rugi / laba dan neraca ).